top of page

Yuk, Mengenal Fakta Negara Jepang

10-1-2019 Siapa yang tidak mengenal Negara Jepang. Jepang merupakan Negara berbentuk kepulauan di timur daratan Asia yang membentang dari utara hingga ke selatan. Jepang dinamakan oleh orang jepang sendiri yaitu Nippon dan juga dijuluki sebagai Negeri Sakura dan Negara Matahari Terbit. Letak Geografis Jepang sendiri adalah di persisir Lautan Pasifik, lebih tepatnya di sebelah timur Benua Asia. Istilah dari kepulauan Jepang merujuk pada empat pulau besar dari utara ke selatan, Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, dan kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Rata – rata sekitar 70% hingga 80% wilayah di jepang terdiri dari pegunungan berhutan lebat yang cocok untuk pertanian, industri, dan juga permukiman. Tetapi daerah yang curam juga berbahaya untuk dihuni karena bisa beresiko tanah longsor. Oleh sebab itu, permukiman penduduk jepang terpusat di kawasan pesisir. Dan jepang termasuk salah satu Negara berpenduduk terpadat di dunia. Jepang yang beribukota di Tokyo ini merupakan Negara Industri terbesar ke-2 setelah Amerika serikat.



Negara Jepang memiliki Luas Wilayah : 370.370 KM2. Letak Astronomis : 30° LU – 47° LU dan 128° BT – 146° BT serta letak Geografis Negara jepang terletak di kawasan Asia timur yang terpisah dari benua Asia, di sebelah timur benua Asia dan Sebelah barat samudera Pasifik. Iklim yang berlaku di Negara Jepang adalah muson laut sedang. Bentuk pemerintahaan Negara Jepang kepala negaranya adalah Kaisar/tenno, dan kepala pemerintahan jepang adalah perdana mentri. Secara kebudayaan, bahasa kebanyakan bahasa yang digunakan bahasa jepang dengan huruf Kanji. Kebudayaan yang ada di Negara Jepang kebanyakan menerima pengaruh dari cina tetapi terdapat juga perbedaan yang jelas antara keduanya misalnya seni sendra tari, upacara minum teh, teknik merangkai bunga, dll. Tetapi kebudayaan dan kebiasaan jepang yang harus di contoh adalah suka bekerja keras dan kedisiplinan yang tinggi.


Ada beberapa fakta mengenai Negara Jepang, mari kita kupas satu persatu. Dari sisi ekonomi, Jepang adalah Negara dengan perekonomian terkuat nomor tiga di dunia, setelah Amerika dan China. Dan sebagai tambahan pengetahuan, Jepang sudah berdiri sejak tahun 660 SM. Hari lahirnya Jepang diperingati sebagai hari libur nasional, yaitu setiap tanggal 11 Februari. Lebih dari 70% wilayah Jepang adalah pegunungan. Ada lebih dari 200 gunung berapi di Jepang dan Gunung Fuji adalah yang tertinggi di Jepang dan merupakan gunung yang masih aktif. Kepercayaan Zen Buddhisme dan Shintoisme adalah agama terbesar dan berpengaruh di Negara Jepang.



Ada hal yang menarik mengenai fakta Negara Jepang. Dalam tradisi Jepang, seorang wanita akan menghadiahi coklat pada hari Vallentine kepada seorang laki-laki. Namun, seorang lelaki tidak cukup hanya mengucapkan ‘terimakasih’, tetapi harus membalas dengan sesuatu pada hari khusus, yang dinamakan ‘Hari Putih’ (White Day), yang jatuh sebulan setelah hari Vallentine Dan hati-hati memberi hadiah kepada orang Jepang. Angka 4 menunjukkan kematian dan angka 9 menandakan penderitaan. Oleh karena itu, hindari hadiah yang menampilkan angka-angka. Jangan pernah memberi hadiah jam yang menyimbulkan waktu yang sedang berjalan dan gunting yang menyimbulkan akhir atau pisahnya hubungan.


Menelisik soal makanan Khas Negeri Jepang, Makanan yang paling popular di Jepang adalah daging kuda mentah serta Mie Ramen adalah mie yang paling popular di Jepang. Makanan ini terdiri dari mie rebus yang disajikan dengan jenis suo yang bermacam-macam, seperti tulang ayam, sardine kering, tulang babi, komu dan bumbu-bumbu seperti bawang, merica, jahe, jamur, dan sebagainya. serta tak lupa juga pakaian tradisional Negara jepang yang masih berlaku hingga saat ini adalah Kimono.



Mungkin ada pertanyaan, mengapa Negara Jepang disebut dengan Negara Matahari Terbit. Seperti ini penjelasannya. Sebenarnya dalam bahasa jepang,kata jepang sendiri berasal dari kata "Nippon" atau "Nihon" yang berarti asalnya matahari. Secara kasar dapat diartikan sebagai negeri matahari terbit. "Nihon" sendiri merupakan nama yang digunakan Kekaisaran Cina pada masa Dinasti Sui sekitar tahun 589 sampai 618 Masehi. Nama ini digunakan Kekaisaran Cina untuk menyebut Jepang karena menunjukkan arah Jepang jika dilihat dari Cina.



Letak Jepang akan terlihat berada di sisi timur jika dilihat dari Cina. Dari Cina, Jepang akan terlihat seolah-olah matahari terbit dari arah Jepang. Ada juga istilah sebenarnya dari Bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut "Jepang", yaitu "Wakoku" (??) yang berarti negerinya wa. Mengapa disebut "Negerinya Wa"? Karena "Wa" adalah kelompok etnis yang hidup dan tinggal di Jepang selama 3 periode kerajaan, yaitu sekitar tahun 220 hingga 280 Masehi. Nama "Nihon" pertama kali digunakan dalam korespondensi dengan Cina. Semakin lama, nama ini pun menjadi terkenal dan menjadi nama untuk Jepang dalam bahasa Jepang. Dan tahukah pembaca, kalau nama inilah yang menjadi inspirasi terbentuknya bendera Jepang, Hinomaru. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi ya.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page