top of page

Waduh! Influencer China Terancam Kena Blacklist Thailand

Wang Ziyu, seorang influencer asal China dideportasi pemerintah Thailand karena dianggap merusak reputasi Negeri Gajah Putih. Wang yang dikenal sebagai Thailand 77Seven di aplikasi Douyin diketahui memiliki 3 juta pengikut.


Dikutip dari South China Morning Post, Selasa (27/12/2023), ia dideportasi usai menyebut distrik Nana Red Light di Bangkok berbahaya bagi wisatawan. Ucapan tersebut dianggap mendiskreditkan Thailand.


Sementara itu dari video yang beredar, Wang dan seorang temannya terlihat sedang diinterogreasi sejumlah pejabat Thailand. Adapun Wang tiba di Bangkok dengan visa turis pada 2 November 2023, dan mengunggah dokumentasi perjalannya.


Pada 5 Desember dia mengunggah klip yang menimbulkan kontroversi sampai menarik perhatian Biro Imigrasi Polisi Thailand. Wang memfilmkan dirinya sedang berjalan di distrik Nana Red Light Bangkok sekitar pukul 23.30. Distrik ini memang terkenal dengan dunia malamnya.


Selain menyebut kawasan itu tak aman, Wang menyatakan 99% pengunjung di sana adalah orang-orang tidak bertanggung jawab. Ia mengimbau perempuan tak datang sendirian.


Video itu viral dan hingga ditanggapi pemerintah Thailand. Tak hanya menghapus video tersebut, Wang juga harus mengunggah permintaan maaf dalam bahasa Inggris, Thailand, dan Mandarin.


"Saya memahami bahwa kata-kata saya mungkin berdampak negatif dan saya sangat menyesalinya, serta meminta maaf kepada distrik Nana dan masyarakat Thailand," tulis Wang di Facebook.


"Ke depannya, saya berkomitmen untuk menggunakan platform saya dengan cara yang bertanggung jawab dan sensitif," tambahnya.


Meskipun Wang telah meminta maaf dengan tulus, polisi Thailand menyelidikinya lebih lanjut dan telah mengambil tindakan hukum terhadapnya karena melanggar aturan visa karena alasan lain. Mayjen Pol Phanthana Nutchanart, wakil komisaris Biro Imigrasi, mengatakan kepada media bahwa Wang ditemukan bekerja di Thailand tanpa izin, yang melanggar kebijakan visanya.


Wang dapat didenda hingga 10.000 yuan (US$ 1.400/Rp 21,7 juta), dideportasi dari Thailand, dan masuk daftar hitam untuk masuk ke Thailand.



bottom of page