top of page

Universitas di China Buka Mata Kuliah Karaoke Khusus untuk Lansia

Sebuah universitas di China yang kini membuka mata kuliah karaoke bagi mahasiswa lanjut usia (lansia), telah menjadi tren di media sosial setempat.


Kampus Songshan di Universitas Harbin, di provinsi Heilongjiang, China, telah meluncurkan kurikulum baru yang menggabungkan berbagai genre dan gaya seperti teknik vokal klasik Italia bel canto, lagu daerah, dan nyanyian paduan suara. Kelas karaoke ini pun dengan cepat terisi penuh.


Dilansir SCMP, Rabu (20/12/2023), sejak universitas membuka pendaftaran untuk semester ini pada bulan Agustus, terdapat 38.580 mahasiswa dewasa dan lanjut usia, berusia 45 hingga 90 tahun yang mendaftar untuk 118 program studi. Selain kelas-kelas yang sudah ada seperti tari dan kaligrafi, serangkaian kelas baru juga diluncurkan seperti video shooting, yoga serta karaoke.


Kelas karaoke ini terdiri dari tiga bagian, dimulai dengan membaca partitur musik, diikuti dengan latihan vokal, dan kemudian mempelajari berbagai pendekatan menyanyi.

Qi Xin selaku direktur kampus, mengatakan setiap kelas karaoke terdiri dari 16 pelajaran dengan biaya 90 yuan atau sekitar Rp195 ribu per kursus dan dapat menampung hingga 42 siswa.


Xin menjelaskan kepada Life Daily bagaimana universitas yang dipimpinnya itu mendapatkan ide tersebut.

"Kami sering melihat banyak orang lanjut usia berkumpul untuk bernyanyi di KTV ketika kami sedang makan di luar, jadi kami memiliki ide untuk meluncurkan kelas karaoke," katanya.


bottom of page