top of page

Tren di China, Sewa Hanfu Saat Liburan Musim Dingin

Musim dingin sedang mencapai puncaknya di daratan China. Ada satu atraksi wisata yang melonjak, yaitu penyewaan hanfu atau baju tradisional.


Dilansir dari English News pada Kamis (25/1/2024), demam hanfu kini terlihat di setiap penjuru kota Negeri Tirai Bambu. Di tengah suhu nol derajat, wisatawan mengenakan hanfu sambil melewati bangunan bergaya kuno.



Salah satunya adalah Kota Xi'an di Provinsi Shaannxi. Dulu, kota itu adalah ibu kota Dinasti Tang (618-907). Dengan latar bangunan kuno, pengalaman memakai hanfu membuat wisatawan serasa hidup di zaman dinasti itu.



Xie Rong adalah salah satu wisatawan asal Provinsin Sichuan. Ia rela datang ke sana dan menghabiskan 400 yuan atau sekitar Rp 888 ribu untuk pengalaman tersebut. Harga yang dibayar sudah termasuk sewa hanfu dan merias wajah. Jika tambah 200 yuan lagi, ia akan difoto oleh fotografer.



"Mengenakan pakaian China untuk perjalanan kembali ke masa lalu adalah hal yang sangat saya nantikan dalam perjalanan ke Xi'an ini," ujarnya.



Ia mengaku lebih suka menghabiskan uang untuk pengalaman itu dibandingkan liburan kilat ke tempat-tempat indah saja.



Tren itu direspons positif oleh stake holder pariwisata China. Diyakini tren itu akan meningkat drastis seiring semakin dekatnya tahun baru Imlek.



"Dengan dimulainya industri pariwisata budaya dengan baik, kami menyadari bahwa inti dari proyek pariwisata saat ini bukan lagi untuk menampilkan sumber daya pariwisata, namun untuk menciptakan pengalaman yang unik dan menakjubkan bagi para pengunjung," kata Zou Linfeng, penanggung jawab proyek blok bangunan kuno.



Menurut Akademi Pariwisata China, pasar pariwisata domestik China mengalami pemulihan pesat pada tahun 2023 dan diperkirakan memasuki tahap kemakmuran baru pada tahun 2024.



Di musim dingin ini, Kota Es Harbin juga muncul sebagai salah satu tujuan wisata utama. Wisatawan berbondong-bondong mengunjungi pasar pagi, pemandian kota dan mencari pengalaman budaya yang beragam.



Saat ini popularitas hanfu semakin tenar karena adanya adaptasi Drama China dan Man Hua di berbagai platform hiburan. Seperti Hanbok di Korea Selatan, hanfu juga jadi salah satu atraksi paling digemari oleh wisatawan yang liburan ke China.




bottom of page