top of page

Trailer Toilet Membantu di Daerah Terlanda Gempa

"Trailer toilet" yang mengangkut toilet siram telah dikirim dari berbagai kota di Jepang ke pusat-pusat evakuasi di daerah yang rusak parah akibat gempa bumi yang dimulai pada Hari Tahun Baru.


Delapan trailer toilet dikirim ke pusat-pusat evakuasi Provinsi Ishikawa di Kota Noto, Kota Nanao, dan Kota Wajima, yang masih mengalami pemutusan aliran air dan listrik.

Sebuah asosiasi berbadan hukum umum, Tasukeai Jepang, yang menggalakkan upaya untuk memperluas penggunaan trailer toilet di penjuru Jepang, mengatakan bahwa trailer tersebut dilengkapi dengan 3 hingga 4 toilet dan dapat digunakan sekitar 1.500 kali per kendaraan.


Dikatakan bahwa toilet dapat disiram dengan menggunakan tenaga surya.

Sebuah trailer milik Provinsi Gunma tiba di gedung pemerintah daerah Kota Noto pada Jumat (05/01/2024).


Seorang wanita berusia 70-an tahun yang menggunakannya mengatakan sangat terasa perbedaan antara toilet yang bisa disiram dengan yang tidak.


Michishita Masatoshi, kepala kantor manajemen krisis di kota tersebut khawatir bahwa masyarakat tidak akan minum air karena mereka khawatir dengan toilet yang tidak bersih dan dapat mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi. Ia mengatakan, layanan tersebut sangat membantu karena pemutusan aliran air terus berlanjut.


bottom of page