top of page

Toleransi Beragama di Negeri Tirai Bambu

8-1-2019 Pastinya sudah tidak asing dengan istilah Negeri Tirai Bambu, Negeri China. Negeri tempat kelahiran panda ini memiliki pelajaran kehidupan yang sangat penting didalam kehidupan kita sehari-hari yang dimana, hal ini sudah mulai hilang seiring perkembangan zaman. Toleransi antar sesama. Secara geografis Negeri China termasuk kedalam kawasan timur Benua Asia. Luas wilayah Negara China adalah 9.571.300 km2 Letak astronomis adalah letak yang dilihat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis, Cina terletak antara 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT dan sebagian besar berhadapan dengan Samudera Pasifik dan Laut China Selatan.



Berdasarkan survey tahun 2018 Negeri China menduduki peringkat nomor 1 untuk populasi penduduk., dengan jumlah penduduk terbanyak dunia. Penduduk Tiongkok menembus 1,38 miliar lebih. Dan tentunya banyak kepercayaan agama yang berkembang disana. Tetapi walau berbagai macam kepercayaan yang berkembang di Negeri China, akan tetapi nilai toleransi antar umat beragama patut diacungi jempol hingga sampai saat ini.ada istilah tak kenal maka tak sayang, yuk kita mengenal lebih lanjut, apa saja agama-agama yang berkembang di Negeri Tirai Bambu, China.


Survei menunjukkan 22,4 persen anak muda China memeluk agama Islam. Meski masih menjadi agama minoritas namun survei Pew mengungkapkan bahwa jumlah penganut Islam akan terus bertambah bahkan akan menjadi 29,9 juta pada tahun 2030. Agama islam tidak hanya berkembang di Timur Tengah, tetapi di wilayah lainnya termasuk China. Meski kini masih menjadi agama minoritas, tetapi Islam semakin populer terutama di kalangan generasi muda China. Islam mulai masuk ke Cina pada abad ke-7. Menurut penulis Muslim Cina, Lui Tschih yang menulis tentang Kehidupan Nabi pada abad ke-18 dan dikutip Mohammed Khamouch dalam jurnal bertajuk Jewel of Chinese Muslim's Heritage, Islam masuk ke Cina dibawa olah Sa'ad Ibn Abi Waqqas. Berdasarkan riset Pew Forum on Religion & Public Life, pemeluk agama Islam di China mencapai 23,3 juta pada 2010. Xinjiang adalah wilayah dengan jumlah penganut Islam terbesar di Cina. Menurut CNN, ada sekitar 10 juta warga Muslim di wilayah tersebut. Selain itu, ada sekitar 30 ribu masjid berdiri di tanah China dengan memiliki sekitar 40 ribu imam dan pengajar muslim. Menurut Asosiasi Islam China, sejak 1980 sudah ada sekitar 40 ribu Muslim China yang menunaikan ibadah haji.



Sebuah kesatuan keluarga yang kuat adalah batu penjuru dari setiap masyarakat yang stabil dan negara. Oleh karena itu ada ungkapan China standar guo-jia secara harfiah berarti "negara dan keluarga". Orang China tidak pernah disebut "masyarakat" seperti yang kita kenal sekarang ini selalu guo-jia "negara dan keluarga" selalu penting. Meskipun Konfusius tidak menunjuk dirinya sebagai guru dari doktrin-doktrin yang diajarkan. Ini akan merujuk secara umum pada semua hal yang katanya sebagai "teachings" dari Konfusius untuk tujuan menggambarkan ajarannya sebagai kekuatan molding budaya China, itu sudah cukup untuk mengatakan bahwa Konfusius menganjurkan bahwa ada hanya bisa menjadi kemajuan jika orang mempertahankan hubungan yang baik antara satu sama lain. Yang muda harus menghormati yang tua dan yang tua harus mencintai yang muda. Inferior harus menghormati superior dan unggul harus bersikap baik kepada orang-orang di bawah mereka. Sebuah pemerintahan yang baik harus menjadi salah satu dijalankan oleh orang-orang yang bisa menjadi contoh bagi lainnya untuk mengikuti.



Keyakinan yang selanjutnya adalah Laocius menekankan pada pengembangan atau budidaya karakter yang baik sesuai dengan laocius. Semua masalah di dunia seperti kejahatan pencurian dan pembunuhan. Perampokan dan perang adalah karena orang-orang yang berjuang untuk hal-hal yang mereka tidak bisa mendapatkan dengan cara yang tepat. Jika orang tidak pergi keluar dari jalan mereka untuk mendapatkan sesuatu yang mereka tidak bisa dengan cara yang tepat. Dunia akan ada kebutuhan bagi banyak penghukum.lalu akan kurang mempengaruhi dengan kebebasan pribadi dan urusan manusia.



Disatu sisi keyakinan yang lain, Buddhisme datang untuk menyelamatkan dengan memberikan makanan rohani dan kenyamanan yang tidak dapat ditemukan dengan cara chinese.kehidupan sebagai dibentuk oleh Konfusius dan laocius. Doktrin-doktrin yang mendalam dari Buddhisme adalah untuk priets hoigh dan biarawan belajar untuk mengajukan dan menjelaskan dalam bahasa awam sederhana Buddhisme telah menyediakan China dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka tentang kematian. Tanpa masuk ke intristics doktrin tinggi. Orang awam Cina rata-rata memahami doktrin sederhana Buddha yang mengatakan bahwa semua manusia dilahirkan ke dunia untuk mengalami mati dan bereinkarnasi. Oleh karena itu tugas semua untuk membantu mengurangi penderitaan fellowmen mereka dalam dunia moral ini dengan demikian mereka accumulatevirtue atau jasa. Yang akan memungkinkan mereka untuk bereinkarnasi menjadi sesuatu yang lebih baik. Apa doktrin penuh dan panduan untuk perila ku manusia.



Apa pikiran yang nyaman untuk orang-orang yang rendah doktrin ini sangat telah memungkinkan banyak orang China untuk menanggung penderitaan penderitaan dan perubahan-perubahan lain dalam hidup karena ada makanan rohani ini untuk memungkinkan mereka untuk maju ke kehidupan yang lebih baik jika tidak dalam tiga barang ini. Mari kita lestarikan toleransi antar umat beragama yang selalu menjadi bagian kehidupan kita.

Comments


bottom of page