top of page

Tidak Percaya Feng Shui? Ini 5 Alasan Logis Mengadopsinya di Rumah

Feng shui merupakan prinsip Tiongkok kuno yang mengutamakan tata letak hingga keseimbangan energi di dalam hunian. Meski pun ada orang yang percaya dengan keseimbangan energi, tapi tak sedikit pula yang skeptis terhadapnya. Tidak ada yang salah memang, sebab feng shui memang berkaitan dengan budaya China yang mungkin sedikit korelasinya dengan budaya lokal.


Tetapi paling tidak, jika memahami beberapa alasan logis sebagai berikut, hal itu bisa membuka mata kita untuk melihat sisi lain dari feng shui beserta manfaat positif jika mengadopsinya di rumah kita. 


Menurut Feng Shui  Alasan logis untuk menerapkan feng shui di rumah Lihat Foto Menciptakan kebahagiaan di rumah dengan feng shui(Unsplash) Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam prinsip feng shui. Misalnya menempatkan segala sesuatunya dengan cara dan posisi tertentu untuk meningkatkan energi positif dan keseimbangan dalam suatu hunian.


Feng shui pada dasarnya lekat dengan spiritualisme dan budaya China. Tetapi, beberapa alasan berikut mungkin membuat orang yang tidak percaya feng shui bisa melihat sisi lain dan kegunaan feng shui. 


1. Rumah lebih rapi Feng shui sangat mengutamakan kerapian, karena segala sesuatu yang berantakan dipercaya menghambat aliran energi positif dan keseimbangan energi di dalam suatu ruang.


Tapi dari sudut pandang psikologis, jika kita beraktivitas di ruangan yang rapi atau lingkungan kerja yang baik, manfaatnya bisa meningkatkan produktivitas dan menjaga suasana hati.


2. Membuat penghuni rumah jadi lebih sehat Selain kerapian, salah satu prinsip feng shui juga menekankan lingkungan yang mengutamakan keseimbangan dari lima elemen energi kehidupan seperti api, air, tanah, logam, dan kayu. Pada aspek feng shui seperti menyematkan unsur tanah atau kayu melalui penataan tanaman hijau di dalam ruangan.


Secara langsung, tanaman itu bisa meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih dan sehat demi kesehatan anggota keluarga. Kemudian elemen air yang dilambangkan dengan dekorasi bernuansa air atau warna-warna yang kalem. Penggunaan warna dari elemen air ini bisa membantu penghuni rumah dalam menciptakan suasana yang menenangkan. Pada gilirannya, beberapa prinsip feng shui itu berguna dalam menjaga kesehatan mental hingga membentuk pola pikir yang positif.


3. Memberikan pencahayaan yang baik Begitu pula dengan fitur seperti jendela yang disarankan tetap terbuka di siang hari dan menutupnya di malam hari. Di dalam feng shui, prinsip itu bertujuan untuk menarik energi positif ke dalam rumah dan menghindari energi negatif yang masuk. Tetapi di sisi lain, membuka jendela dapat memperbaiki sirkulasi udara, hingga memberikan pencahayaan alami yang masuk ke rumah.


Sementara itu, pencahayaan yang baik dalam ruangan adalah faktor penting bagi kesejahteraan penghuni rumah. Hal ini mencakup pencahayaan alami yang cukup dan pencahayaan buatan yang sesuai. Sepertinya kita tidak perlu mempercayai feng shui dengan segala efek dan keharmonisan energi, tetapi pencahayaan rumah atau hunian yang baik dapat memengaruhi suasana hati dan produktivitas.


4. Memberikan ketenangan bagi penghuni rumah Ada pedoman dalam feng shui yang dapat mempermudah seseorang dalam mengambil keputusan saat membeli atau membangun rumah. Misalnya, feng shui menyarankan untuk tidak membeli rumah yang menghadap pertigaan jalan karena banyaknya energi negatif di lingkungan itu.


Tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang logis, menghindari tinggal di pertigaan jalan bisa memberikan ketenangan dari gangguan. Misalnya, suara kendaraan yang lewat di malam hari, hingga menhindari kemungkinan terjadinya kecelakaan di dekat rumah.


5. Menghargai karya seni Di luar aspek keseimbangan energi, feng shui juga dapat dianggap sebagai menghargai karya seni. Misalnya dengan mengoleksi atau menyematkan unsur-unsur alam yang kita sukai di dalam rumah melalui dekorasi furnitur tertentu, pewarnaan, hingga perabotan lain yang unik.


Hal itu bisa diamati sebagai karya seni yang mempercantik rumah kita dengan cara yang menyenangkan. Dalam prinsip feng shui, biasanya juga diperlukan beberapa peralatan, pernak-pernik atau barang apa pun dengan dekorasi tertentu yang menarik. Menerapkan praktif feng shui ini, tanpa disadari bisa menjadi hobi yang positif sekaligus menghargai karya seni.





bottom of page