top of page

Sudah Terbukti di 'Warlok' Jepang, Olahraga Ini Bikin Panjang Umur

Pola makan, hubungan sosial yang sehat, dan jauh dari stres secara umum menjadi faktor utama membuat seseorang panjang umur. Namun, ketiga hal ini tidak lengkap bagi warga negara Jepang.


Negeri Sakura yang memiliki angka harapan hidup tinggi bahkan banyak mencatat jumlah lansia di usia 100 tahun ini, tidak lepas dari aktivitas fisik dan kebiasaan olahraga. Olahraga yang sudah terbukti berkontribusi pada panjang umur warga lokal Jepang disebut Rajio taisō,



Penulis buku 'Ikigai: 'Rahasia Jepang untuk Hidup Panjang dan Bahagia' menyebut para lansia dengan usia 100 tahun atau centenarian menyempatkan Rajio taisō setiap hari selama lima menit.



Hampir semua orang yang diwawancarai oleh García dan Miralles mengatakan mereka berlatih radio taiso, sebuah latihan populer di Jepang yang telah ada selama beberapa dekade.



"Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk melakukan latihan tersebut, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka," bebernya, dikutip dari CNBC, Rabu (17/4/2024) .



Rajio taisō, yang diterjemahkan menjadi latihan radio dinamakan demikian lantaran instruksi gerakan tersebut disiarkan di radio pada 1929.



Saat ini, radio taiso masih mengudara setiap hari pada pukul 06.30 di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK Radio 1.



Gerakannya berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk menyelesaikannya.



Tujuan utama radio taiso adalah untuk meningkatkan semangat persatuan di antara para peserta. Latihan ini biasanya dilakukan dalam kelompok, termasuk di sekolah sebelum belajar dan di tempat usaha sebelum bekerja, mereka menambahkan.



"Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik adalah dengan mengangkat tangan di atas kepala dan kemudian menurunkannya dalam gerakan memutar," tulis para penulis.



"Ini mungkin terlihat biasa saja, namun dalam kehidupan modern, kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari tanpa mengangkat tangan ke atas telinga."



Yoga dan tai chi juga merupakan praktik umum di kalangan lansia di Jepang. Namun, jika tidak menyukai salah satu disiplin ilmu ini, silakan memilih praktik yang disukai dan memastikan tubuh bergerak.





Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page