top of page

Sejumlah Tokoh Jepang Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh "Time"

Majalah Amerika Serikat Time memasukkan sutradara anime Jepang Miyazaki Hayao dan sosiolog Ueno Chizuko ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun ini. Daftar tahunan itu dirilis pada Rabu (17/04/2024).


Majalah itu menyebut Miyazaki sebagai sutradara paling berpengaruh dalam sejarah animasi dengan menggambarkan Miyazaki sebagai "seorang realis yang blak-blakan terkait keserakahan, perang, dan kemarahan manusia".


Time menyebutkan bahwa terjemahan buku-buku Ueno mengenai topik-topik seperti feminisme dan misogini menjadi buku terlaris di Cina. Laporan tersebut menambahkan bahwa Ueno telah menjadi panutan bagi jutaan perempuan Cina yang diam-diam memberontak terhadap tekanan untuk menikah dan memiliki anak.


Profesor Hayashi Katsuhiko dari Universitas Osaka, seorang ahli biologi perkembangan dan reproduksi, juga masuk dalam daftar tersebut. Time menyatakan tim Hayashi memproduksi telur menggunakan sel punca pluripoten terinduksi dari tikus jantan, menghasilkan anak anjing yang lahir dari dua ayah biologis.


Hayashi mendapat pujian karena memberikan harapan bagi orang-orang yang memiliki masalah infertilitas atau pasangan sesama jenis yang ingin memiliki anak biological.

Profesor Universitas Yale Iwasaki Akiko juga masuk dalam daftar itu. Ahli imunologi kelahiran Jepang ini terkenal dengan penelitiannya tentang mekanisme gejala pasca-COVID. Time mengatakan Iwasaki berada di posisi tertinggi di bidangnya.


Yulia Navalnaya, istri mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny, juga menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh menurut Time. Ia terus menentang pemerintahan Presiden Vladimir Putin setelah suaminya meninggal pada Februari.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page