top of page

Sejarah China, dari Zaman Prasejarah, Dinasti, hingga Modern

China dikenal sebagai salah satu negara dengan peradaban tertua di dunia. Wilayah China diperkirakan telah didiami manusia purba sejak lebih dari satu juta tahun lalu. Sedangkan rezim monarki yang pernah berkuasa di China telah memerintah sejak era Sebelum Masehi. Baca juga: Lituania Menyesali Keputusan China Turunkan Hubungan Diplomatik, akibat


Pembukaan Kedubes Taiwan Dilansir Britannica, catatan tertulis paling awal tentang sejarah China ditemukan dari era Dinasti Shang (1600-1046 SM). Selama empat milenium lebih, China berada di bawah pemerintahan dinasti. Dinasti terakhir yang berkuasa adalah Dinasti Qing, yang runtuh pada 1912, lalu disusul dengan berdirinya Republik China. Kemudian pada 1949, terjadi Revolusi Komunis China yang memproklamasikan berdirinya Republik Rakyat China (RRC).


Bagaimana sejarah China hingga bisa menjadi seperti saat ini? Baca juga: Pesawat China dan Rusia Muncul di Zona Pertahanan, Korea Selatan Kerahkan Jet Tempur China di Masa Prasejarah Di wilayah China saat ini diperkirakan telah dihuni oleh manusia purba berjenis Homo erectus sejak lebih dari satu juta tahun lalu. Hal ini didukung oleh temuan berupa peralatan dari batu berusia 1,36 juta tahun dari situs Xiaochangliang. Memasuki akhir Neolitikum, lembah Sungai Kuning mulai berkembang menjadi pusat kebudayaan. Sedangkan bukti dari Zaman Logam dapat ditemui dari situs Majiayao dan Xiajiadian Bawah.




bottom of page