top of page

Saat Korea Rela Ubah Sistem Transportasi Demi Ujian Nasional


Seoul - Tes masuk perguruan tinggi di Korea Selatan dilaksanakan dengan sangat serius. Pemerintah sampai mengubah sistem transportasi demi kelancaran pelajar mengerjakan soal.


Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi (CSAT) atau suneung merupakan ujian yang digelar setiap Kamis ketiga di bulan November setiap tahunnya. Sudah menjadi legenda bahwa ujian ini sangat penting untuk para siswa yang ingin berkuliah di universitas terbaik di Korea Selatan.


Bagi masyarakat Korea Selatan, CSAT merupakan penentu masa depan. Mereka yang berhasil mendapatkan nilai bagus akan diterima di universitas ternama dan menjamin karirnya akan cemerlang di masa depan.


Karena anggapan ini, pemerintah Korea Selatan secara serius membuat kondisi ideal yang mempermudah para peserta CSAT mengikuti ujian. Salah satunya adalah merubah sistem transportasi agar menyesuaikan pelaksanaan ujian.


Untuk mengendalikan kebisingan selama ujian mendengarkan (listening) bahasa Inggris, semua pesawat dilarang lepas landas dan mendarat. Aturan itu berlaku selama 35 menit antara pukul 13.05 hingga 13.45.


Semua pesawat yang terbang, kecuali yang berada dalam situasi darurat, juga harus tetap berada di wilayah udara pada ketinggian 3 kilometer atau lebih selama waktu pembatasan. Jadwal operasional 94 penerbangan juga akan disesuaikan selama periode tersebut.


Tak cuma pesawat, jadwal layanan kereta bawah tanah juga diubah. Jika biasanya peningkatan layanan kereta bawah tanah dilakukan pukul 07.00 - 09.00, sekarang ditambah pada pukul 06.00 - 10.00. Tujuannya membantu peserta ujian mencapai lokasi ujian tepat waktu.


Sama seperti kereta, layanan bus juga ditingkatkan untuk mengantarkan para peserta ke tempat ujian. Belum cukup sampai di sana, mobil polisi dan aparat pemerintah juga dikerahkan untuk membantu peserta. Mobil-mobil ini bersiaga untuk mengantar peserta hingga mengambilkan barang peserta yang tertinggal di rumah.


Selain sistem transportasi yang disesuaikan, bursa saham dan pasar valuta asing Korea Selatan juga ditunda selama 1 jam mulai pukul 10 pagi. Di luar lokasi ujian, pemandangan para siswa kelas 1 dan 2 SMA mendoakan kakak kelas mereka juga terlihat. Tak lupa, berbagai tempat ibadah juga dipadati orang tua serta kerabat peserta yang memohon kelancaran ujian.


Source : https://travel.detik.com/travel-news/d-7042256/saat-korea-rela-ubah-sistem-transportasi-demi-kelancaran-ujian-nasional












bottom of page