top of page

Robot Ini Bisa Jalankan Tugas ART #China

Perkembangan teknologi semakin maju. Salah satunya dalam pembuatan robot. Terkini, ada robot yang bisa menjalankan tugas sebagai asisten rumah tangga (ART).


Dilansir detikINET dari TheSun Inggris, sebuah perusahaan asal China bernama Astribot baru saja memperlihatkan robot terbarunya yang dilengkapi kecerdasan buatan. Robot tersebut menyerupai manusia dan sangat pandai dalam menirukan gerakan.



Berdasarkan keterangan pada laman website Astribot, mereka telah mengerjakan robot ini selama satu tahun. Mereka berharap robot ini dapat segera dipasarkan pada akhir tahun ini.



Robot dengan nama S1 itu lebih cepat dan kuat dibandingkan rata-rata manusia pada umumnya. Menurut Astribot, robot tersebut dapat bergerak dengan kecepatan maksimal hingga 10 meter per detik dan mengangkat beban hingga 10 kg per tangan.



Sebagai perbandingan, seorang manusia dewasa dapat mencapai kecepatan sekitar tujuh meter per detik. Hal itu membuat robot tersebut dapat menarik kain dari bawah gelas tanpa membuatnya terjatuh.



S1 mampu melakukan tugas-tugas dengan sangat presisi, mulai dari membalik sandwich di penggorengan hingga menulis kaligrafi. Video yang dirilis Astribot menampilkan kemampuan S1 melakukan tugas mudah sehari-hari, seperti menyiapkan minuman dan menyiapkan makanan.



Hal tersebut menunjukkan bagaimana robot-robot ini dapat menjadi ART di masa depan. Namun, Astribot tidak hanya akan menjadikan robot ini sebagai pelayan orang kaya.



Robot ini juga disiapkan untuk dapat mengambil alih pekerjaan-pekerjaan yang dianggap berbahaya bagi manusia. Menurut Astribot, robot mereka dapat belajar, berpikir, dan bekerja layaknya manusia biasa.



Mereka juga dapat menggunakan peralatan dan perlengkapan manusia. Dengan demikian, robot S1 dapat membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan yang membosankan, susah, atau berbahaya.



Situs tersebut juga menunjukkan bahwa perusahaan induknya, Stardust Intelligence didirikan oleh Lai Jie. Ia juga bekerja sama dengan Tencent Robotics Laboratory, Baidu, dan Hong Kong Polytechnic University.



Tencent dan Baidu merupakan dua perusahaan teknologi dan AI terbesar di China. Bersama-sama mereka membantu memperkuat dalam perang teknologi sengit yang sedang berlangsung dengan Amerika Serikat.



Sumber-sumber di Beijing mengatakan bahwa robot tersebut akan segera tersedia di setiap rumah. S1 merupakan robot dengan dua tangan dan tampak cukup 'pendiam' dibandingkan dengan robot humanoid lain yang pernah kita lihat.



Misalnya, pada awal bulan ini Boston Dynamics menunjukkan kepada dunia robot Atlas terbarunya yang mampu melakukan gerakan yoga seperti manusia super.





Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page