top of page

Raja Chip Amerika Diam-Diam di China Walau Ada Larangan Biden

Amerika terus meluncurkan aksi blokir teknologi yang belakangan menyasar sektor chip. Berbagai kebijakan dibuat untuk menghalangi perusahaan chip asal AS berbisnis dengan China.


Akibat blokir ini pendiri perusahaan chip Nvidia, Jensen Huang, ikut turun tangan.

Huang dikabarkan diam-diam merayakan tahun baru di China. Ini adalah kali pertama bos raksasa chip AS tersebut berkunjung ke China setelah 4 tahun.


Kunjungan tersebut dilakukan di tengah ketegangan geopolitik yang makin panas antara China dan AS. Nvidia sendiri merupakan salah satu elemen sensitif dalam 'perang' teknologi kedua negara.


Diketahui, Nvidia merupakan produsen chip AI terbesar di dunia. Selama ini, China merupakan klien terbesar yang berkontribusi terhadap mayoritas pendapatan Nvidia.

Namun, pemerintahan Joe Biden memberlakukan kebijakan blokir ekspor chip canggih dan alat pembuat chip ke China.


Huang berkunjung ke kantor Nvidia di Shenzhen, Shanghai, dan Beijing, menurut laporan sumber dalam. Sepanjang akhir pekan kemarin, beredar video pria 60 tahun itu berdansa dan bersenang-senang bersama para karyawan di China.


Tak diketahui apakah kunjungan Huang ke China juga memiliki agenda untuk bertemu pejabat setempat secara formal, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (30/1/2024).

Sebelumnya, Huang telah mewanti-wanti pemerintahan Joe Biden soal dampak pemblokiran chip ke China. Menurut dia, taktik itu justru akan mendorong pemain lokal mengembangkan chip secara mandiri.


Alhasil, perusahaan teknologi AS akan dirugikan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, AS kemudian melunakkan aturan pemblokiran tersebut. Nvidia dan perusahaan AS lainnya masih bisa mengekspor chip ke China, asalkan bukan dengan spesifikasi tertinggi dan terbaru.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


bottom of page