top of page

Pesawat Ruang Angkasa Rahasia China Sebarkan 6 Objek Misterius di Orbit

Setelah empat hari peluncuran, pesawat ruang angkasa rahasia robotik Shenlong China menyebarkan enam objek misterius di orbit. Bahkan beberapa objek misterius itu terdeteksi memancarkan sinyal. Pelacak pesawat ruang angkasa amatir di seluruh dunia telah mengikuti objek tersebut dengan cermat selama berhari-hari dan telah mencatat emisi yang berasal dari beberapa objek tersebut.


Keenam objek misteri tersebut telah ditetapkan sebagai OBJEK A, B, C, D, E dan F. Menurut pelacak satelit dan astronom amatir Scott Tilley, OBJEK A tampaknya memancarkan sinyal seperti oleh objek yang dilepaskan oleh pesawat ruang angkasa China pada dua misi sebelumnya. OBJEK D dan E, sementara itu, tampaknya memancarkan sinyal "placeholder" yang menganggur tanpa ada data yang menyertainya. China Diam-diam Kirim Misi Rahasia Shenlong “Perlu dicatat bahwa tidak seperti emisi pada awal misi pesawat ruang angkasa Tiongkok 1 dan 2, emisi ini sangat terputus-putus dan tidak bertahan lama.


Dibutuhkan waktu berhari-hari untuk mengamati lintasan demi lintasan dengan antena parabola untuk menghasilkan data ini,” kata Tilley dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (20/12/2023). Tilley dan pelacak satelit lainnya telah menganalisis sinyal tersebut dan yakin bahwa emisi tersebut berasal dari objek atau dari jarak dekat dengannya. Kesimpulan ini didasarkan pada pengamatan mereka di sepanjang jalur misi pesawat ruang angkasa China sebelumnya yang menggunakan frekuensi 2.280MHz.


“Singkatnya, misi pesawat ruang angkasa China yang diluncurkan ke orbit yang sama dengan dua misi terakhir. Namun, secara operasional menunjukkan perilaku radio yang berbeda dari sebelumnya,” kata Tilley. Pengamatan tambahan terhadap emisi dari OBJEK D dan E adalah hal baru, namun mungkin juga terlewatkan pada misi sebelumnya. Tilley mengatakan, hal yang harus diwaspadai adalah pertemuan jarak dekat antara OBJEK A dan OBJEK D dan E.




bottom of page