top of page

Pesawat China-Rusia Masuk Zona Pertahanan, Korsel Kerahkan Jet Tempur

Militer Korea Selatan (Korsel) mengerahkan sejumlah jet tempurnya setelah mendeteksi keberadaan pesawat militer China dan Rusia yang mengudara hingga memasuki zona pertahanan udaranya.


Seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Kamis (14/12/2023), Kepala Staf Gabungan (JCS) pada militer Korsel melaporkan bahwa pesawat-pesawat asing itu terdeteksi memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (ADIZ) di lepas pantai timur negara tersebut pada pukul 11.53 hingga pukul 12.10 waktu setempat.


Sebagai respons, militer Korsel mengerahkan sejumlah jet tempurnya untuk menanggapi keberadaan pesawat-pesawat asing tersebut. Tak lama kemudian, menurut JCS, pesawat-pesawat asing itu meninggalkan area tersebut tak lama kemudian.


Disebutkan JCS bahwa terdapat dua pesawat militer China dan empat pesawat militer Rusia yang memasuki ADIZ.


Kendati demikian, menurut militer Korsel, pesawat-pesawat China dan Rusia itu tidak melanggar wilayah udara teritorial Korsel.


Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), ADIZ merupakan area di mana negara-negara secara sepihak bisa meminta setiap pesawat asing yang melintas untuk mengambil langkah khusus untuk mengidentifikasi diri mereka.



bottom of page