top of page

Percobaan Bebas Visa China Berhasil, Turis-turis Berdatangan


China melakukan percobaan bebas visa untuk enam negara. Baru diluncurkan, strategi ini sudah membuahkan hasil yang positif.


Dilansir dari Vietnam Express pada Rabu (6/12), Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan bahwa kebijakan perjalanan bebas visa mereka telah memberikan dampak yang jelas. Pelancong dinilai lebih mudah masuk ke China.


"Ke depannya, Kementerian Luar Negeri akan terus menyesuaikan kebijakan visa untuk menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan dan lebih memfasilitasi perjalanan lintas batas," kata juru bicara Wang Wenbin.


Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China baru menguji coba perjalanan bebas visa dari 6 negara. Negara-negara itu adalah Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol dan Malaysia. Sayang, tak ada nama Indonesia.


Uji coba ini akan diterapkan mulai Desember hingga 30 November 2024. Pemegang paspor dari 6 negara tersebut dapat melakukan bisnis atau traveling tanpa visa selama 15 hari.


Sejak dibuka pada 1 Desember, data imigrasi menunjukkan peningkatan. Ada sekitar 7.000 dari hampir 18.000 pelancong dari Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol dan Malaysia.


Jumlah wisatawan rata-rata harian dari negara tersebut telah meningkat sebesar 39% pada tiga hari pertama di bulan Desember. Peningkatan ini dibandingkan dengan hari terakhir di bulan November.


Meski terlihat manjur, China belum memberi aba-aba untuk menambah daftar negara ke uji coba perjalanan bebas visa ini. Namun, Duta Besar Jerman untuk China telah menyatakan harapan agar daftar tersebut diperluas ke seluruh anggota Uni Eropa.



bottom of page