top of page

Perayaan Hari Raya Imlek di Negeri Sakura, Jepang

12-02-2019 Kendati banyak mengadopsi budaya serta bahasa Cina, ternyata di Jepang tidak umum merayakan Tahun Baru Imlek. Bangsa Jepang umumnya merayakan tahun baru sesuai kalender Gregorian, yaitu setiap tanggal 1 Januari. Akan tetapi, ternyata ada satu daerah di Jepang yang secara rutin mengadakan perayaan Tahun Baru Imlek. Dimanakah itu? Tahun Baru Imlek di Yokohama. Walaupun tidak dirayakan sebagai hari libur nasional di Jepang, berbagai festival Imlek ternyata dirayakan di seluruh Chinatown di seluruh Jepang. Salah satu yang paling semarak diadakan di Chinatown Yokohama. Perayaan Tahun Baru Imlek pun dianggap sebagai hari libur tradisional di Jepang. Festival Imlek umumnya berlangsung selama 15 hari dan hanya dirayakan pada hari Kamis, Sabtu, dan Minggu saja.

Perlu diketahui bahwa masyarakat Jepang masih merayakan tahun baru berdasarkan kalender Barat. Namun, sayangnya masyarakat Jepang tak lagi merayakan tahun baru Kalender China yaitu Imlek. Meski begitu, bukan berarti perayaan Imlek tak ada sama sekali di Jepang. Perayaan Imlek di Jepang bisa ditemukan di China Town yang tersebar di beberapa wilayah Jepang. Tiga China Town terbesar dan terpopuler dengan perayaan Imlek di Jepang adalah Nagasaki, Kobe dan Yokohama. Jika minasan tengah berada di Tokyo, Yokohama bisa menjadi rujukan merayakan Imlek di Jepang karena lokasinya yang cukup dekat.


Turis selalu nampak membeludak di China Town Nagasaki, Kobe Nankinmachi, dan Yokohama. Meski Imlek tak masuk hari libur nasional di Jepang, festival-festival ini tetap ramai pengunjung. Maklum, banyak wisatawan Tiongkok yang sengaja merayakan imlek di Jepang. Pada saat Imlek, 70 persen konsumen di pertokoan Osaka merupakan wisatawan Tiongkok. Momen ini pun dimanfaatkan oleh para pengelola toko untuk meningatkan penjualan. Produk-produk bermerek dengan harga selangit pun tak luput dari incaran. Beragam promo menarik pun ditawarkan kepada wisatawan, salah satunya adalah tas keberuntungan. Tak hanya produk bermerek, tetapi produk dengan harga murah meriah juga turut ditawarkan. Saatnya untuk memborong banyak oleh-oleh dan produk elektronik nih! Meski Imlek bukanlah salah satu perayaan nasional di Jepang, secara tidak langsung orang Jepang juga turut meraup untung ya.

Beberapa wisatawan mengakui bahwa sengaja liburan ke Jepang untuk belanja. Mereka datang dengan dompet-dompet tebal untuk memborong banyak barang. Dari sekian banyak prefektur, Prefektur Osaka merupakan salah satu tujuan belanja wisatawan Tiongkok. Banyak turis yang mendarat di Bandara Kansai, lalu menuju pusat Osaka untuk belanja. Pada akhirnya, toko-toko di Osaka pun tak mau melewatkan momen setahun sekali ini. So, bisa banget nih merayakan Imlek 2017 di Jepang. Tinggal datang saja ke Nagasaki, Kobe, Yokohama atau Osaka ya! Puncaknya, kita bisa melihat ribuan lentera-lentera berwarna merah yang menghiasi China Town dalam Festival Lentera di Nagasaki (Nagasaki Lantern Festival).

Selama perayaan, Chinatown dipenuhi dengan dekorasi khas Imlek seperti lentera, lampu-lampu, dan warna-warna yang menarik perhatian seperti merah dan emas. Selain dekorasi yang meriah, di seluruh kawasan Pecinan pun banyak toko-toko yang memberikan diskon dan promosi menarik selama festival berlangsung. Perayaan tradisional dilakukan selama satu hari penuh di kuil terbesar di Chinatown yang disebut Masabyo dalam bahasa Jepang, dan Ma Zhu Miao dalam Mandarin. Kuil ini pun dihiasi oleh lautan lentera merah yang menambah kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek. Para pengunjung umumnya membeli dupa dan menancapkannya di beberapa titik yang berbeda di sekitar kuil setelah memukul gong dan memanjat altar persembahan.


Semoga artikel ini bermanfaat yaaa 😊

Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Jepang dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page