top of page

Pelajar Jepang Tetap Antre saat Seberangi Jalan Naik Sepeda, Bikin Salut

Orang Jepang dikenal dengan budaya disiplin yang tinggi. Sejak kecil, anak-anak Jepang sudah dididik untuk punya sikap disiplin tinggi. Sehingga, saat dewasa mereka memiliki kedisiplinan dalam etos kerja. Prinsip kedisiplinan tersebut juga yang membantu Jepang untuk berkembang menjadi negera maju seperti sekarang.


Momen kedisiplinan orang Jepang tersebut sudah dapat dilihat saat mereka masih pelajar. Seperti yang terlihat dalam unggahan Twitter @a_jun12. Video yang diunggah ulang oleh akun Twitter @sosmedkeras itu pun mencuri perhatian warganet. Seperti yang dikutip Liputan6.com berikut ini, Jumat (28/7/2023).


Dalam video tersebut, tampak momen pemuda pemudi Jepang yang antre saat naik sepeda. Mereka tampak baris satu per satu ke belakang sambil menunggu lampu hijau zebra cross menyala. Yang membuat warganet kagum adalah, mereka tetap berbaris walaupun jalan di sampingnya begitu lebar.


Pelajar Jepang berbaris rapi saat menyeberang jalan

Pelajar di Jepang tampak tetap antre saat naik sepeda walaupun jalan di sampingnya begitu lebar. (Sumber: Twitter/@a_jun12)


Pemandangan menarik terlihat di jalanan Jepang. Seorang warganet pun merekam momen tersebut dari dalam mobil. Tampak sejumlah pelajar di Jepang yang mengendarai sepeda sedang antre saat akan menyebrangi jalan.


Belasan pelajar yang terdiri dari laki-laki dan perempuan tampak mengenakan seragam abu-abu tua. Mereka tampak sabar menunggu lampu menyala hijau untuk giliran menyeberang jalan. Para pelajar tersebut berbaris membentuk satu barisan dan tertib mengular ke belakang.


Saat rambu-rambu menyala hijau, satu persatu dari mereka melajukan sepedanya. Dimulai dari yang paling depan, kemudian yang belakang mengikuti. Mereka tertib, tidak saling mendahului, meskipun jalan di sampingnya begitu luas dan tidak ada kendaraan lain yang lewat. Yang belakang pun dengan sabar menunggu teman di depannya melajukan sepeda.


Komentar warganet

Budaya antre di Jepang yang sangat tertib itu mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak warganet Indonesia yang kagum dengan kedisiplinan yang ditanamkan pelajar Jepang sejak dini. Tidak sedikit pula yang membandingkan dengan kebiasaan negara sendiri apabila berada di momen yang sama seperti pada video.


"Kadang tu kepo, yang bikin mereka sepatuh dan setaat itu apa ya? Kalo di indonesia PR banget soalnya," tanya akun @batjaankoe.

"Sesuai pada jalurnyaa, kalo di wakanda udah beda lagi ceritanya," tulis akun @kipasangheen.


"Udah biasa ini mah di negara konoha," tulis akun @racundarisalsa.

"Wow.. ini gila sih, bener2 gila. dukungan sistemnya seperti apa ya. etika, pendidikan, budaya, ekonomi, hukum, satu saja tidak terpenuhi, ga akan ada pemandangan seperti ini," tulis akun @ionhamzah.

"Tertib banget," tulis akun @dearkangsan.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentarer


bottom of page