top of page

Nah Lho! Warga Indonesia Lebih Cepat Tua dari Orang Jepang


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprediksi penduduk Indonesia akan lebih cepat mengalami penuaan atau aging population daripada Jepang. Hal ini ditemukan dalam survei proyeksi penduduk Indonesia 2020-2025 yang dilakukan oleh sejumlah kementerian dan lembaga termasuk Bappenas.


"Proyeksi Indonesia secara konsisten diprediksi bahwa Indonesia akan mengalami aging yang relatif lebih cepat dari yang dibutuhkan oleh Jepang," kata pelaksana tugas Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas Maliki dalam diskusi Sosialisasi Pemanfaatan Proyeksi Penduduk dalam Rangka Memperingati Hari Lanjut Usia, Rabu, (4/10/2023).


Dia menjelaskan berdasarkan definisi internasional, penduduk tua diklasifikasikan kepada individu yang berumur di atas 65 tahun. Apabila jumlah penduduk berumur 65 plus itu mencapai 7% dari populasi, maka populasi tersebut sudah dapat dikatakan sebagai populasi yang menua atau aging population.

Maliki mengungkapkan kecepatan populasi Indonesia mencapai aging population lebih cepat dari Jepang. Jepang, kata dia, membutuhkan waktu sekitar 25 tahun untuk mencapai populasi usia tua sebanyak 7% lebih. Sementara, Indonesia diperkirakan hanya membutuhkan waktu 21 tahun.

"Kita butuh waktu sekitar 21 tahun untuk mencapai dari 7% menjadi 14%, sementara Jepang membutuhkan waktu sekitar 25 tahun," kata dia.


Maliki mengatakan penuaan dini populasi Indonesia ini harus diantisipasi. Sebagaimana diketahui, Indonesia menargetkan bisa menjadi negara maju pada 2045. Target itu dikenal dengan sebutan Indonesia Emas 2045.


Upaya mencapai target ini dilakukan dengan memanfaatkan bonus demografi, yakni dengan menggenjot penduduk usia produktif. Artinya, dibutuhkan penduduk usia produktif dalam jumlah besar untuk mencapai target itu.


Dia juga menegaskan pemerintah telah menyusun upaya antisipasi melalui Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan. Perpres itu, kata dia, memuat strategi di antaranya dengan menguatkan program perlindungan sosial, hingga pembangunan masyarakat dan lingkungan yang ramah penduduk usia lanjut.

"Semoga kesempatan yang baik ini dapat meningkatkan komitmen kita untuk mempersiapkan Indonesia yang maju sejahtera dan berkeadilan dalam momentum 100 tahun Indonesia merdeka di 2045," kata Maliki.


sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20231004110429-4-477752/nah-lho-warga-indonesia-lebih-cepat-tua-dari-orang-jepang



Comments


bottom of page