top of page

Menlu Jepang Umumkan Peningkatan Kerja Sama dengan Negara Nordik

Menteri Luar Negeri Jepang Kamikawa Yoko berencana mengumumkan inisiatif diplomatik baru yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara Nordik dalam berbagai bidang.


Kamikawa dijadwalkan mengumumkan inisiatif tersebut pada Selasa (09/01/2024), ketika mengunjungi Finlandia. Ia akan mengunjungi Swedia keesokan harinya sebagai bagian dari turnya ke Eropa, Amerika Utara, dan Turki.


Tahun lalu, Finlandia bergabung dengan NATO setelah membatalkan kebijakan netralitas militernya setelah invasi Rusia ke Ukraina. Swedia juga mengajukan keanggotaan NATO.

Negara-negara Eropa Utara telah membuat kemajuan besar di bidang kesejahteraan sosial, kesetaraan gender, dan digitalisasi masyarakat.


Jepang menganggap negara-negara Nordik sebagai mitra penting dengan nilai-nilai yang sama.

Inisiatif ini berfokus pada empat bidang yaitu keamanan, kebijakan maritim, ekonomi, dan pencegahan konflik.


Mengenai masalah keamanan, Jepang berupaya untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Nordik dalam pengadaan peralatan pertahanan, berdasarkan pengakuan bahwa segala perubahan sepihak terhadap status quo dengan kekerasan tidak dapat ditoleransi.


Mengenai masalah pencegahan konflik, Jepang siap untuk memperdalam kerja sama di bidang WPS, atau “perempuan, perdamaian, dan keamanan” yang menyoroti keterlibatan aktif perempuan dalam upaya membangun perdamaian.


bottom of page