top of page

Mengenal Si Kereta Peluru Shinkansen di Negeri Matahari Terbit, Jepang

06-04-2019 Bambooers, ketika kita berkunjung di Negeri Panda ini tentunya sudah tidak asing dengan kereta shinkansen yaaa. Yes, kereta yang dijuluki kereta peluru serta kereta tercepat. Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) adalah jalur kereta api cepat Jepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways. Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Wow Cepat banget yaaa. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.

Shinkansen dibuka pada 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli 1967, dan melayani satu miliar penumpang pada 1976. Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (615,4 km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru 'Nozomi' yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.


Jika unutuk keamanan, kereta shinkansen sendiri sampai saat ini tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun ada beberapa orang terluka dan satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang atau barang mereka. Selain itu ada beberapa percobaan bunuh diri oleh penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung. Meskipun begitu tetap saja ada percobaan bunuh diri oleh penumpang yang memanjat pagar pengaman tersebut. Untuk menghadapi gempa bumi kereta ini dilengkapi dengan sistem pendeteksian yang akan memberhentikan kereta bila gempa bumi terdeteksi. Pada gempa bumi Chuetsu di Oktober 2004 sebuah Shinkansen yang dekat dengan pusat gempa lepas dari relnya, namun tidak ada penumpang yang terluka. Kereta generasi berikutnya, FASTECH 360 akan memiliki sayap rem penahan angin (yang mirip dengan kegunaan telinga) untuk membantu proses pemberhentian bila gempa bumi terdeteksi.

Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata Shinkansen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan. Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor sebelumnya dari 1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik. Benar-benar kereta super cepat yaaa Bambooers :). Ada 3 rahasia dibalik hebatnya kereta peluru jepang loh :


Rahasia 1 Sang konduktor memiliki keahlian tingkat tinggi

Bambooers, Coba bayangkan, Dalam setahun, 120.000 kereta melintasi lintasan Shinkansen Tokaido. Pada hari yang sibuk, lebih dari 400 kereta berjalan, sehingga ada 1 kereta setiap 3 menit. Karena interval antara kereta sangat pendek, jika satu kereta terlambat bahkan sebentar itu akan mempengaruhi semua kereta yang datang di setelahnya itu, tapi rata-rata tahunan penundaan keberangkaan hanya 30 detik. Ini membutuhkan penundaan besar yang disebabkan oleh peristiwa seperti topan menjadi pertimbangan, jadi itu berarti kereta secara teratur tidak terlambat.

Karena tidak ada banyak platform, sangat penting bagi shinkansen untuk selalu tepat waktu sehingga mereka dapat melayani pelanggan sebanyak mungkin. Namun,apa itu sebenarnya alasan kereta begitu tepat waktu? Alasan sebenarnya di balik kereta ketepatan waktu adalah konduktor. Karenashinkansen adalah sebuah kendaraan yang berteknologi tinggi, Anda mungkinberpikir bahwa konduktor memiliki pekerjaan mudah, tetapi hal itu tidak terjadi.Berikut adalah beberapa rahasia di balik shinkansen melakukan.


Dan tahukah kalian bahwa, Konduktor shinkansen mesti memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam perhitungan sehingga kereta siap sampai tepat waktu dan tidak bentrok dengan kereta lain.Ngomong-ngomong, ketika kereta lepas dan keluar dari Stasiun, konduktor mengumumkan lamanya atau seberapa cepat keretanya melaju dalam satuan detik, semua perhitungan waktu hanya menggunakan arloji saku sesuai yang diberikan oleh perusahaan. Seperti ini penampakannya


Rahasia 2 Keajaiban staf pembersihan


Tidak hanya konduktor yang handal yang hebatnya kedisipilanan kereta ap di Jepang, Namun staff pembersinya yang luar biasa ini juga memberi pengaruh besar. Ketika kereta mencapai pemberhentian yang terakhir, sebelum berbalik dan berangkat ke tujuan berikutnya, akurang lebih ada sepuluh menit (tidak termasuk proses penumpang keluar dan masuj), Nah jadi dalam waktu yang sesingkat itu para staf membersihkan dengan cepat sehingga bagian dalam shinkansen kembali mengkilap dan Setelah staf selesai membersihkan, mereka berbaris dan memberi salam dengan membungkuk hormat kepada penumpang menunggu.


Rahasia 3 Pengecekan Sistem Keamanan Yang Cukup Detail

Sebagai contoh, selama 50 tahun beropeasinya shinkansen, belum pernah ada satupun kasus kematian yang berhubungan dengan kecelakaan shinkansen. Setiap dua hari sekali, Inspektur terlihat memerika kereta Shinkansen. Mereka juga memeriksa kabel udara yang mengambil energi melalui pentograph dan degradasi rem. Sebulan, sekali shinkansen juga dilakukan pemeriksaan lengkap. Mereka menyalakan power dan memeriksa apakah semuanya itu berjalan sebagaimana mestinya.


Anda dapat melihat perhatian yang sangat detail terutama pada pengecekan bulanan. Ada 4 orang yang masing-masing memeriksa kondisi baut sehingga jika salah satu dari baut memiliki kecacatan mereka dapat benar-benar berubah. Selain itu, pintu juga diperiksa. Ada 27 titik untuk memeriksa pintu. Jika salah satu pintu bermasalah, itu akan menjadi penghambat bagi para penumpang yang naik-turun, dan bisa menyebabkan keterlambatan jadwal. Setiap enam bulan, motor dan flatcar yang melekat pada roda dibongkar. Rotasi motor akan diperiksa untuk melihat apakah salah satu sumbu roda bermasalah.


Setiap tiga tahun sekali, ada inspeksi keseluruhan besar. Hampir seluruh kereta itu dibongkar dan benar-benar diperiksa lebih dari setengah bulan. Setelah itu, itu juga dilakukan pengecetan dengan warna segar. Satu kereta (16 gerbong) diperiksa lebih dari 500 kali dalam 3 tahun. Jumlah besar inspeks iyang mereka lakukan dirahasiakan untuk menjamin keamanan penumpang. Tentu saja, setelah pemeriksaan, kereta dibersihkan secara menyeluruh. Wah hebat yaaa si kereta peluru :) Semoga artikel ini bermanfaat yaaa :)





Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Mandarin dan Program Bea siswa Full ke China dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Comments


bottom of page