top of page

Mengenal Robot-Robot TOKYO 2020!

(17/08/2019) Konbanwa minna-san! Sebelum kita mengenal robot-robot keren bikinan Jepang, saya mau memberikan selamat Hari Kemerdekaan RI ke-74 untuk Bambooers sekalian! Ohiya jangan lupa manfaatkan promo-promo resto kalian yaa!


Nah Bambooers pasti tahu kan event olimipade mendatang Tokyo 2020? Ternyata Toyota Motor Corp menyiapkan sesuatu yang keren dalam event ini. Sebenarnya tidak hanya untuk hiburan semata saja, Toyota menunjukkan bagaimana Jepang dapat berfokus kepada efisiensi dan kepraktisan dengan bantuan robot-robot ini!


Di Tokyo 2020, robot-robot yang diperkenalkan oleh Toyota akan digunakan untuk membantu mobilitas orang di berbagai lokasi dan situasi. Dengan harapan robot tersebut dapat membantu berbagai orang untuk merasakan dan mengalami impian dan harapan mereka, Toyota percaya bahwa dengan bantuan robot-robot itu, mereka dapat memberikan kontribusi lebih lanjut dan kegembiraan Tokyo 2020!


Nah, Bambooers pasti kepo kan apa aja sih robot yang sedang kita bicarakan ini??


1. Robot Maskot

Miraitowa

Robot maskot ini bernama Miraitowa. Robot ini merupakan robot penyambut tamu dan atlet di tempat-tempat resmi. Katanya sih sedang dipertimbangakan agar robot kawaii ini bisa dinikmati oleh anak-anak juga!


Mattekudasai, tunggu dulu, Miraitowa bukan cuma menyambut tamu saja, tapi dia memiliki gerakan tangan yang fleksibel sehingga bisa berjabat tangan. Selain itu dilengkapi dengan kamera di kepalanya, Miraitowa dapat mengidentifikasi orang yang sudah dikenali sebelumnya. Begitu dikenali, Miraitowa akan menunjukkan ekspresinya. Awww!!


2. T-HR3 ( Humanoid Robot )


Robot Humanoid T-HR3

Selain itu ada robot yang memberikan solusi bagi pengunjung di lokasi terpencil dan tidak dapat hadir secara fisik. Dengan adanya T-HR3, mereka bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan atlet seakan-akan mereka hadir secara langsung di arena. Dilengkapi gerakan-gerakannya, makin terasa ngobrol dengan atlet secara langsung! Tapi ini hanya di Jepang saja ya, Bambooers, jangan harap T-HR3 muncul di depan rumah mu ya...


3. T-TR1 ( Remote Location Communication Robot )

Robot T-TR1

Kemudian ada T-TR1, ia adalah robot mobilitas/kehadiran jarak jauh virtual. Jadi, robot ini dilengkapi vitur kamera yang hampir tidak terlihat, T-TR1 dapat membantu orang-orang yang tidak dapat hadir secara fisik di acara pertandingan, dapat hadir secara virtual.


4. HSR dan DSR


Robot DSR dan HSR

Kedua robot ini dikhususkan bagi kaum difabel untuk memudahkan akses-akses tertentu. HSR (Human Support Robot) dapat memandu para pengunjung difabel ke kursi penonton, dan membawakan barang serta makanan ringan dan lain-lain utnuk mereka.


Robot HSR

Sementara DSR (delivery Support Robot) merupakan hasil pengembangan khusus untuk Tokyo 2020. DSR dapat melayani pengunjung untuk mengirimkan barang-barang ke kursi penonton melalui tablet khusus. DSR diharapkan dapat melayani 1.000 pengunjung yang membutuhkan mobilitas.


5. FSR


Robot FSR

FSR atau Field Support Robot merupakan robot khusus yang membantu para staf di lapangan untuk menghindari rintangan di jalan. FSR akan mengikuti staf operasi dijalur sembari membawa barang-barang. Tujuannya adalah untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam membawa barang dan jumlah tenaga staf yang bekerja. Hmmm let's talk about efficiency!


Okay, Bambooers, sampai disini dulu pertemuan kita! Omong-omong soal robot, kita bisa membayangkan betapa pintarnya orang-orang Jepang hingga dapat menciptakan robot untuk membantu kepraktisan dan efisiensi sebuah acara!


Nah, Bambooers apakah kalian ngga tertarik untuk menimba ilmu di Jepang nih? Lumayan kan kita belajar bahasanya dulu sebagai permulaan! Jangan ketinggalan, kelas bahasa Jepang kami lagi promo 25% lho!


Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Jepang dapat menghubungi : Admin : +6285210250877

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool




bottom of page