top of page

Mengenal Kusumi Koharu, Penyanyi J-Pop yang Pernah Menjadi Anggota Morning Musume

Kusumi Koharu adalah penyanyi J-Pop, pembawa acara, dan aktris asal Jepang yang lahir pada 15 Juli 1992. Artinya akhir pekan lalu genap 31 tahun. Ia tinggal di sebuah desa bernama Washima yang berasal di Nagaoka, Niigata, Jepang. Sebelum menjadi selebritas, Kusumi adalah kapten tim voli di sekolahnya. 


Kusumi Koharu memulai kariernya dengan mengikuti audisi Morning Musume Audition pada 2005. Ia lolos sebagai anggota Morning Musume, salah satu grup J-Pop ternama, pada Mei 2005. Saat itu, Kusumi adalah satu-satunya anggota yang berasal dari generasi ke-7.


Selain itu, mengutip p2k.stekom.ac.id, Kusumi juga menjadi pengisi suara Kirari Tsukishima, yaitu karakter utama dalam serial anime Kirarin Revolution. 

Pada 2007, Kusumi ditunjuk menjadi anggota Tanjou 10nen Kinentai, yatu unit yang dibentuk untuk merayakan ulang tahun Morning Musume yang ke-10. Kusumi bersama dengan Abe Natsumi, Niigaki Risa, Iida Kaori, dan Goto Maki merilis single pertama dengan judul Bokura ga Ikiru My Asia


Pada 2009, Kusumi diberi kesempatan untuk menjadi anggota Kira Pika, unit yang dibentuk untuk anime Kirarin Revolution. Bukan hanya anime, Kusumi juga aktif tampil di acara anak-anak televisi Tokyo, Oha Suta


Kusumi melakukan penampilan pertama di Morning Musume Concert Tour 2009 Aki Nine Smile. Namun, setelah itu, ia membuat keputusan mengejutkan. Pengumuman resmi dari Morning Musume dan Hello!Project menyatakan bahwa Kusumi Koharu akan lulus karena ingin merintis karier menjadi model. 


Melansir Fandom, pada 2010, Kusumi menyatakan bahwa ia akan tampil dalam iklan baru merek Yamazaki “Funwari Shokupan” yang tayang pada 16 Juli. Tidak lama setelah pengumuman tersebut, Kusumi membentuk grup Dream Morning Musume. Grup tersebut berisikan mantan-mantan anggota Morning Sunshine. Dream melakukan debutnya di bulan April dengan album pertama, Dorimusu


Pada 2011, Kusumi berhasil menandatangani kontrak dengan agensi model bernama ILLUME. Lalu, 2 tahun kemudian, Kusumi diberikan kesempatan untuk muncul di acara radio Youngtown. Ia menggantikan posisi Mitsui Aika. Selama bekerja di radio, Kusumi sempat mengungkapkan alasan ia masuk ke Morning Musume. Alasannya, dia ingin masuk ke industri hibudan dan menjadi model. 


Pada 2017, Kusumi menandatangani kontrak dengan Oscar Promotion. Di tahun ini, Kusumi membuktikan bakatnya dalam bidang akting. Ia membintangi drama Joshuu Seven. Selain itu, ia juga terpilih sebagai pemain drama Doctor-X musim kelima sebagai Nagamori Haruna yang memiliki pekerjaan perawat. 


Pada 2020, Kusumi Koharu mencoba pengalaman baru melalui pengisi suara bahasa Jepang untung serial Disney Channel, Gabby Duran and the Unsittables


bottom of page