top of page

Mengenal Gaya Hidup Ukeireru Ala Jepang untuk Menjalani Kehidupan Moderen yang Lebih Seimbang

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern yang semakin kompleks, muncul sebuah konsep gaya hidup ukeireru, sebuah filosofi dari Jepang tentang cara mencapai keseimbangan, keharmonisan, dan arti dalam kehidupan. Prinsip ini mengajarkan nilai-nilai penting tentang menciptakan kehidupan yang lebih bermakna, mengingatkan manusia untuk memperlambat ambisi, dan menikmati momen-momen kecil. 


Dilansir dari era.id, secara harfiah, akeireru berasal dari bahasa Jepang yang berarti "menyadari" atau "merasa puas." Prinsip ini memiliki akar dalam budaya Jepang yang kaya dengan etika dan nilai-nilai tradisional. Pada intinya, ukeireru mengajarkan tentang pentingnya menerima diri sendiri, menghargai proses, dan hidup dengan penuh kesadaran.


Salah satu aspek utama dari prinsip ukeireru adalah menghargai momen-momen sederhana. Dalam kehidupan yang serba cepat dan sering kali penuh tekanan, ukeireru mengajarkan agar manusia tidak terlalu sibuk berlalu-lalang tanpa merenung. Dengan fokus pada momen-momen sehari-hari, seperti menikmati secangkir teh di pagi hari atau merasakan angin sepoi-sepoi, prinsip ini mendorong individu untuk menghargai keindahan yang ada di sekitar mereka. 


Selain itu, ukeireru juga mengajarkan tentang pentingnya menghargai diri sendiri dan menjaga kesehatan mental. Konsep ini mengingatkan bahwa setiap orang memiliki keterbatasan dan bahwa merasa puas dengan diri sendiri adalah kunci untuk meraih kebahagiaan. Hal ini mencakup penghargaan terhadap usaha yang telah dilakukan, tanpa terjebak dalam budaya pembandingan dan kompetisi yang sering muncul dalam masyarakat modern. 


Mengalami berbagai aspek kehidupan dengan proporsi yang seimbang seperti bekerja, beristirahat, berhubungan dengan orang lain, dan berkembang secara pribadi dianggap penting untuk mencapai kehidupan yang harmonis dan memuaskan. Prinsip ini mengingatkan kita bahwa terlalu fokus pada satu aspek saja dapat mengganggu keseimbangan keseluruhan.


Seiring dengan perkembangan teknologi dan kehidupan modern, prinsip ukeireru semakin relevan. Banyak individu merasa kehilangan arah dan makna dalam kehidupan mereka. Dalam upaya untuk mengatasi perasaan tersebut, semakin banyak orang yang tertarik untuk belajar dari nilai-nilai Jepang yang dianut oleh ukeireru.


Dalam menjalani prinsip ukeireru, seseorang bisa merasakan dampak positif pada kesejahteraan fisik dan mental mereka. Dengan menghargai momen-momen sederhana, menghormati diri sendiri, dan menciptakan keseimbangan dalam kehidupan, individu dapat meraih kebahagiaan yang lebih berkelanjutan.


Secara keseluruhan, prinsip ukeireru menawarkan pandangan baru tentang bagaimana manusia seharusnya hidup dalam dunia yang semakin sibuk. Dengan mengadopsi nilai-nilai ini, kita dapat mengarahkan diri kita menuju kehidupan yang lebih berarti, harmonis, dan penuh makna dalam menghadapi tantangan-tantangan moderen.


bottom of page