top of page

Mengapa Mandarin?


Berapa banyak orang yang berbicara menggunakan bahasa Mandarin?

Ada sekitar 1,2 Milyar orang yang berbicara menggunakan bahasa Mandarin di seluruh dunia. Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan native speakers terbanyak.


Dimana saja bahasa Mandarin digunakan?

Bahasa Mandarin banyak digunakan di Tiongkok, Taiwan, Singapura, dan Malaysia. Bahasa ini juga digunakan di Chinatown / Pecinaan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Bahasa ini juga termasuk salah satu dari enam bahasa resmi PBB.



Bagaimana cara menulis bahasa Mandarin?

Bahasa Mandarin tidak ditulis dengan huruf alphabet, melainkan dengan symbol yang disebut dengan huruf Mandarin/Aksara Tionghoa/Hanzi. Huruf Mandarin termasuk salah satu system penulisan tertua di dunia. Ada dua jenis huruf Mandarin yaitu tradisional dan yang telah disederhanakan. Taiwan, Macau, Hong Kong, dan orang Tiongkok di luar negeri menggunakan huruf Mandarin tradisional. Sedangkan Negara Tiongkok menggunakan huruf Mandarin yang disederhanakan.



Ada berapa banyak karakter huruf Mandarin?

Huruf alphabet berjumlah 26 karakter, huruf arab berjumlah 28 karakter, huruf Mandarin berjumlah lebih dari 100.000 karakter.



Apa itu Pinyin?

Pinyin adalah romanisasi dari huruf Mandarin atau bagaimana cara mengucapkan karakter huruf mandarin dalam huruf alphabet. Dalam bahasa Mandarin, pinyin berarti pengucapan. Dengan pinyin, kita bisa mengucapkan bahasa Mandarin walaupun belum mempelajari huruf Mandarin.



Ada berapa banyak intonasi di Bahasa Mandarin?

Intonasi dalam bahasa Mandarin sangat penting. Berbeda penekanan yang diucapkan, berbeda pula artinya. Ada empat intonasi di bahasa Mandarin. Contoh satu suku kata yang sama memiliki empat arti yang berbeda: suku kata “ma” bisa berarti kuda, ibu, tumbuhan rami, atau memarahi. Menguasai intonasi di Bahasa Mandarin merupakan aspek yang paling penting.



Apa itu Putonghua?

Orang Tiongkok menyebut bahasa Mandarin dengan Putonghua yang berarti ‘bahasa sehari-hari.’ Sedangkan di Taiwan, bahasa Mandarin disebut dengan Guoyu yang berarti ‘bahasa nasional.’



Sulitkah belajar bahasa Mandarin?

Banyak yang menyebut belajar bahasa Mandarin sulit, namun sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Tidak ada banyak aturan grammar di bahasa Mandarin (sama seperti bahasa Indonesia). Dari segi grammar, bahasa Mandarin sangat mudah dibandingkan bahasa Inggris dan Prancis. Bahasa Mandarin tidak memerlukan: konjugasi, kata kerja yang berbeda di setiap tenses, perbedaan kata tunggal dan kata jamak, perbedaan gender.

bottom of page