top of page

Mengagumi Indahnya Lukisan Klasik Barat dan Budaya China Kuno di Galeria Sophilia

Penyuka seni seperti patung, lukisan, dan benda-benda koleksi kebudayaan kuno internasional bisa datang ke Galeria Sophilia. Galeri seni ini berlokasi di lantai 6 dan lantai 7 Calvin Tower, yang berada di dalam kompleks Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII).


Awal Mula Galeria Sophilia, Galeri Seni Klasik Eropa dan Budaya China Kuno Alamat persis Calvin Tower adalah di Jalan Industri Blok B14, Pademangan Timur, Kemayoran, Kota Jakarta Pusat. Jam buka Galeria Sophilia hanya setiap hari Minggu, pukul 12.00 hingga 15.00 WIB. Tiket masuk dibanderol Rp 0 hingga Rp 100.000 per orang tergantung usia, dan bisa dibeli langsung di tempat.


Registrasi Lihat Foto Loket tiket untuk pembelian tiket masuk Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara. (KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI) Penasaran dengan galeri yang cukup viral di media sosial belakangan ini, pada Minggu (7/5/2023) siang, Kompas.com pun tiba di lokasi. Dari lobi depan Calvin Tower, akan terlihat loket registrasi dengan tulisan besar "Galeria Sophilia", sedangkan di kanan dan kiri terdapat area kursi tunggu.


Sejak sebelum pukul 12.00 WIB, beberapa pengunjung sudah nampak mengantre. Ada juga yang duduk-duduk menunggu temannya. Baca juga: 6 Spot Foto Instagramable di Galeria Sophilia, Latarnya Lukisan dan Patung Kuno Usai mendapatkan tiket dengan warna sesuai usia, Kompas.com naik bersama beberapa pengunjung lainnya menuju lantai 6. Siang itu, Kompas.com mulai berkeliling ditemani Manajer Galeria Sophilia bernama Gaby yang juga akan memandu jelajah galeri.


Lantai pertama yang akan dijelajahi adalah lantai 6, berisi replika patung dan lukisan-lukisan klasik pelukis terkenal dari Eropa yang terbagi menjadi beberapa era. "Jadi di sini tidak ada kontemporer, benar-benar lukisan klasik yang ada di 50 museum di dunia. Tapi, kebanyakan replika ya karena yang asli ada di museum masing-masing," kata Gaby.


Sebelum Jam 12.00 Sambil menjelaskan, Kompas.com mengedarkan pandangan ke sekitar dan rupanya sudah banyak rombongan pengunjung yang berjalan bersama pemandu. Sebagian besar pengunjung didominasi anak muda atau remaja. Namun terlihat juga beberapa keluarga dan orangtua yang membawa anak-anak.




bottom of page