top of page

Materi Bahasa Mandarin Dasar untuk Pemula Lengkap & Terbaru

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Dilansir dari Statista, per 2023 ini, penutur bahasa Mandarin mencapai 1,113 miliar orang. Jumlah tersebut bukan hanya terdiri dari penutur asli saja, tetapi ada juga penutur asing yang baru belajar bahasa Mandarin. 


Jika kamu salah satu penutur asing yang baru akan mulai belajar bahasa Negeri Tirai Bambu ini, yuk cari tahu apa saja materi Bahasa Mandarin yang wajib dipelajari pemula!


Hanzi 


Hanzi menjadi salah satu materi yang dipelajari dalam pembelajaran basic Mandarin. Kamu pasti sudah tahu bukan apa itu hanzi? Hanzi sendiri adalah huruf bahasa Mandarin. Jadi jika kamu melihat huruf-huruf atau goresan-goresan bahasa Mandarin, seperti 爸, 怕, itulah hanzi.


Hal menarik tentang bahasa Mandarin yang harus kamu tahu adalah huruf ini tidak mengenal alfabet. Satu huruf bahasa Mandarin saja, bisa mewakili satu kata. Misalnya, 日 (ri) yang berarti matahari. 


Maka dari itu, jumlah hanzi dalam bahasa Mandarin ini memiliki jenis dan bentuk yang berbeda. Jika dihitung, totalnya bisa mencapai 80-90 ribu huruf. Namun, yang paling sering digunakan hanya sekitar 3500 huruf saja.


Biar makin jelas dan mengenal piktogram-piktogram hanzi, yuk cek materi hanzi lengkap dengan vokal dan konsonannya di sini: Mengenal Huruf-Huruf Bahasa Mandarin.


Pinyin


Hanzi dan pinyin merupakan dua materi yang tidak dapat dipisahkan. Artinya, jika kamu belajar hanzi, maka untuk membacanya kamu perlu mengenal pinyin. Yap! Karena pinyin sendiri merupakan romanisasi atau transkripsi yang membantumu untuk membaca hanzi.


Penulisan pinyin sama dengan alfabet di bahasa Indonesia. Namun, ejaan dan pengucapannya berbeda. 


Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut:



bottom of page