top of page

Letak Geografis Negeri China, Negeri Tirai Bambu

Diperbarui: 16 Jan 2019

12-01-2019 Negeri China atau Republik Rakyat China (RRC) merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukotakan di Beijing. Negara yang memiliki luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, sekitar 1,35 milyar jiwa dan tersebar di hampir seluruh dunia. Secara Geografis Negeri China Pegunungan Qinling membujur dari tenggara ke Barat laut dan merupakan lanjutan pegunungan Kunlun, membagi Cina menjadi bagian utara dan Selatan dan dalam daerah aliran Sungai-Sungai besar, yakni : Sungai Huang (Sungai kuning 4667 km) dan Sungai Yangtse (5800 km). Bagian Timur Cina utara (Manchuria) sebagian besar terdiri dari lembah Sungai Songhua yang dikelilingi pegunungan Xingan besar, pegunungan Xiao Hingan Ling dan pegunungan Scihote-Alin. Lembah Sungai Huang yang padat penduduknya hanya terpotong perbukitan di semenanjung Shandong. Sungai Huang terkenal karena sering menimbulkan banjir. Bagian Barat laut yang berbatasan dengan Mongolia sebagian besar merupakan padang pasir (bagian dari gunung Ordos dan Gobi). Debu tanah liat halus (lӧss) dari gurun Gobi menutupi daerah tenggara Shansi. Shensi dan Kansu, yang juga merupakan tanah lӧss yang subur. Deretan pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Qillian membatasi daerah ini dibagian Selatan.



China Selatan merupakan daerah yang amat rumit (komplikasi) dan sebagai bagian utamanya dapat disebut daerah aliran Sungai Yangtse, daerah pegunungan Cina Selatan, Plato Yunnan dan Plato Kweichow, daerah lembah Szechwan dengan pegunungan tertinggi dan puncak tertinggi gunung Gangga (7590 m) disebelah Barat, dengan Sungai Salween, Sungai Mekong, Sungai Yangtse dan Sungai Yalung. Cina Selatan mengalami iklim muson, sedang Cina utara, khususnya bagian Barat laut, mengalami iklim kontinental. Pada musim dingin, benua asia diliputi oleh udara dingin dari kutub sehingga umumnya angin bertiup dari daratan. Sebaliknya pada musim panas daratan mengalami tekanan udara tinggi sehingga angin bertiup dari laut.


Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, negara ini kerap memancing wisatawan selalu dijadikan tempat berburu ilmu serta Negara tujuan destinasi wisata. Nah, Negeri China dijuluki sebagai Negeri Tirai Bambu. Pernahkah kamu berpikir apa maksudnya? Banyaknya Tanaman bambu China di sana menjadi alasan, kenapa China disebut negara Tirai Bambu. Tanaman Bambu yang juga dikenal Bambusa multiplex ini terkenal dengan kualitasnya yang sampai sekarang masih menjadi yang terbaik se-dunia.



Selain itu, sejak dahulu hingga kini bambu juga makanan bagi panda, binatang khas Negeri China. Bambu China sangat kuat dan tidak mudah dipatahkan. Layaknya tirai, bambu tumbuh bergerombol dan menutupi sesuatu. Makna ini sesuai dengan falsafah politik China yang menganut paham sosialis. Mereka menutupi hal-hal tertentu dengan sangat rapat, termasuk skandal-skandal yang melibatkan orang penting di negara tersebut. Dikutip dari Bintang.com, tirai di sini artinya Negara China tidak begitu terbuka terhadap sistem politik dunia barat. Seperti kita ketahui tidak ada sistem demokrasi di China dan pemerintah mengontrol seluruh aktifitas ekonomi, disebut juga sistem ekonomi komando. Bahkan pemerintah China pun melarang penggunaan media sosial seperti Facebook dan lainnya yang tidak disetujui oleh pemerintah.



Ada pun maksud lain Tirai Bambu yang lebih ke arah personifikasi yaitu tirai yang berfungsi menutupi cahaya, dalam hal ini adalah menutupi informasi dari barat. Sedangkan bambu lebih ke arah struktur karakter bangunan di China yang banyak menggunakan bambu. Tidak hanya itu, Tirai Bambu pun mengideologikan penghalang politik dan ideologis yang menghambat hubungan antara Asia Komunis, terutama China, dan Barat 1949-1972. Semoga Informasi pengetahuan tentang Negeri Tirai Bambu, China dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita ya..


Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Jepang dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

Comments


bottom of page