top of page

Kota Jepang Ini Larang Warganya Jalan di Eskalator, Kenapa?


Traveler tentu tak asing dengan instruksi 'sebelah kanan untuk jalan, dari kiri diam' saat menggunakan eskalator. Namun, di salah satu kota Jepang pemerintah melarang warganya jalan di eskalator.

Di Nagoya pun sama, sudah menjadi kebiasaan untuk berdiri diam di sisi kiri eskalator dan membiarkan sisi kanan bebas bagi orang yang ingin berjalan naik atau turun.


Sekarang, pemerintah menghimbau warganya untuk 'lepas' dari kebiasaan tersebut dan melarang untuk berjalan di eskalator. Hal ini bermula dari banyaknya kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir mulai dari orang kehilangan keseimbangan dan menjatuhkan orang lain, serta kecelakaan yang melibatkan penumpang yang berlari naik dan turun eskalator.


Karena itulah, masyarakat sekarang diminta untuk berdiri diam di eskalator mana pun di stasiun kereta api dan fasilitas lain di kota, terlepas dari apakah mereka berdiri di kiri atau kanan.


Dilansir dari Japan Today, Selasa (3/10/2023) pemerintah Kota Nagoya telah memasang iklan TV dan memasang poster tentang peraturan baru ini di stasiun-stasiun kereta api utama. Namun, tidak ada sanksi bagi warga yang tetap melakukan 'kebiasaan' kiri dan kanan ini.


Nagoya bukanlah kota pertama yang menerapkan langkah ini. Pemerintah prefektur Saitama adalah yang pertama di negaranya yang menerapkan peraturan serupa pada Oktober 2021.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

Comments


bottom of page