top of page

Korea Utara Secara Misterius Membatalkan Penerbangan Internasional Pertamanya Setelah 3 Tahun Tak Be


Maskapai penerbangan nasional Korea Utara, Air Koryo sebelumnya dijadwalkan untuk melakukan penerbangan komersial pertamanya pada Senin (21/8) setelah lebih dari tiga tahun tak beroperasi akibat pandemi Covid-19. Namun pada menit-menit terakhir, maskapai itu secara misterius membatalkan operasinya.


Sebagian besar wilayah Korea Utara tertutup dari dunia luar sejak awal 2020 ketika menutup perbatasannya sebagai tanggapan terhadap pandemi Covid-19.

Dikutip dari The Guardian, banyak penumpang sekaligus wartawan berkumpul di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing, Tiongkok untuk menunggu penerbangan Air Koryo JS151 dari Pyongyang, yang dijadwalkan tiba pada pukul 09.50 pagi waktu setempat.


Namun hampir dua jam setelah jadwal kedatangannya, sebuah papan informasi keberangkatan pesawat di terminal bandara tersebut, tiba-tiba mengisyaratkan ada pembatalan penerbangan. Hal ini memicu kekecewaan dari media yang menunggu untuk melihat beberapa pelancong internasional pertama dari Korea Utara yang terisolasi dalam beberapa tahun.

Layanan pelanggan bandara Beijing mengatakan kepada Simple Flying.com, Air Koryo tidak memberikan alasan pembatalan apapun.


Sumber: https://www.jawapos.com/internasional/012763892/korea-utara-secara-misterius-membatalkan-penerbangan-internasional-pertamanya-setelah-3-tahun-tak-beroperasi

bottom of page