top of page

Korea Selatan Akan Terima 300 Ribu Mahasiswa Asing, Ini 5 Kota Terbaik untuk Para Pelajar!


Jakarta - Siapa yang tak kenal Korea Selatan? Negeri Gingseng yang terkenal dengan perkembangan kebudayaannya ini berhasil memecahkan rekor global dengan gelombang budaya dan raksasa teknologinya.

Korea Selatan mengklaim sebagian besar keberhasilannya disebabkan oleh tingginya investasi di bidang pendidikan. Pemerintah Korea menghabiskan hampir 10 persen anggaran nasional untuk membangun lembaga-lembaga pendidikan berkelas dunia.


Korea Selatan kini berencana menarik 300.000 mahasiswa asing pada 2027. Melalui Study Korea 300K Project, Kementerian Pendidikan Korea Selatan bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari universitas, bidang bisnis usaha, dan pemerintah daerah untuk membantu memetakan jalur karir mahasiswa.


"Kami berharap proyek ini dapat menstimulasi perekonomian regional dan meningkatkan daya saing global universitas-universitas dalam negeri serta industri teknologi tinggi di negara ini," kata Menteri Pendidikan Korea Selatan Lee Ju-ho dalam jumpa pers, dilansir dari The Korea Times.


Program ini rencananya memperluas beasiswa global Korea Selatan dan menerapkan jalur cepat yang menyederhanakan proses pendidikan. Dengan begitu, mahasiswa dapat mempersingkat durasi kuliah lintas jenjang enam tahun menjadi tiga tahun.


Universitas setempat didorong untuk memperluas perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sedangkan Pemerintah Korea Selatan juga mengembangkan bahan ajar bahasa Korea secara digital. Langkah ini memungkinkan siapa pun dapat mempelajari bahasa tersebut kapan saja dan di mana saja.


"Kami akan melakukan yang terbaik untuk mendukung secara institusional pelajar yang belajar di Korea, sehingga orang-orang berbakat yang dibutuhkan negara ini dapat menetap di sini," ujar Lee Ju-ho.


Saat ini, kota-kota di Korea Selatan juga sudah menjadi sasaran belajar bagi para pelajar internasional. Berikut detikEdu rangkum 5 kota terbaik bagi pelajar internasional dari laman Global Scholarship.


Kota Terbaik Bagi Pelajar Internasional di Korea Selatan

1. Seoul


Ibu Kota Korea Selatan ini terkenal sebagai "special city" dengan keindahan kotanya. Bangunan-bangunan lama di Seoul berdampingan rapi dengan kehidupan modern.


Kota ini berdiri sebagai pusat politik, ekonomi, serta budaya, dan mampu mencerminkan pendidikan berkualitas. Diketahui, lebih dari 60 persen pelajar internasional di Korea Selatan tinggal di Seoul.


Survei menunjukkan bahwa Seoul berada di peringkat ketiga sekolah terbaik untuk pelajar internasional. Seoul memiliki beberapa universitas terkemuka di dunia, seperti Seoul National University, Korea University, Sogang University, dan Ewha Womans University.


2. Busan

Sebagai pusat dari Zona Ekonomi Tenggara Korea Selatan, Busan merupakan kota terbesar kedua di negara tersebut. Lokasi pesisir Busan menjadi identitas kota yang mampu memajukan ekonomi manufaktur Korea Selatan.


Identitas ini juga didorong aspek kemajuan maritimnya melalui berbagai keahlian di bidang ilmu pengetahuan, penelitian, lembaga pendidikan, dan penelitian yang berkualitas.


Para pelajar di kota ini juga kerap menikmati musim panas dengan bersantai di Pantai Nakdong atau Haeundae, atau hiking di Geumjeongsan. Busan memiliki beberapa perguruan tinggi terbaik seperti Pusan National University, Kyungsung University, dan Korea Maritime and Ocean University.


3. Daegu

Daegu merupakan kota terbesar ketiga di Korea Selatan. Kota ini menjadi pusat manufaktur yang mengkhususkan diri pada komoditas utama seperti tekstil, logam, dan mesin.


Kota ini cenderung lebih konservatif dibandingkan Seoul dan Busan yang penuh warna. Namun, dengan suasana yang lebih tenang, Daegu dikenal memiliki suasana pekerja keras yang tinggi.


Para pelajar internasional di Daegu dapat melihat berbagai teknologi modern sembari mengenal lebih dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional Korea Selatan. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Daegu adalah Kyungpook National University, Keimyung University, dan Daegu National University of Education.


4. Suwon

Suwon adalah kota terbesar di Gyeonggi-do, provinsi dekat Ibu Kota Seoul. Kota ini terkenal dengan Benteng Hwaseong dan beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO. Karenanya, kota ini memiliki sajian budaya dan sejarah yang kaya untuk para pelajar.


Suwon adalah pusat pendidikan kenamaan yang juga rumah bagi kampus-kampus satelit universitas ternama di Seoul. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Suwon antara lain Ajou University, Kyung-hee University (Suwon Campus), dan Sungkyunkwan University (Natural Science Campus).


5. Daejeon

Daejeon merupakan kota metropolitan kelima di Korea Selatan. Kota ini menjadi pusat unggulan dalam bidang teknologi. Keunggulan ini membuat Daejeon disebut sebagai Asia's Silicon Valley.


Pusat penelitian dari berbagai brand teknologi dunia asal Korea Selatan, seperti Samsung dan LG, bertempat di Daejeon. Selain itu, berbagai lembaga penelitian swasta atau publik dan taman-taman sains tersebar di Daejeon.


Dinamika industri dan risetnya membuat Daejeon jadi salah satu sasaran pelajar internasional di Korea Selatan. Adapun perguruan tinggi terbaik di Daejeon antara lain Korea Advanced Institute of Science & Technology, Chungnam National University, Solbridge International School of Business, dan Daejeon University.


Source : https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-7058121/korea-selatan-akan-terima-300-ribu-mahasiswa-asing-ini-5-kota-terbaik-untuk-para-pelajar


bottom of page