top of page

Kontribusi di Cyber Security ASEAN-Jepang, Dosen UI Diganjar Penghargaan


Dosen Teknik Komputer, Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) Dr lr Muhammad Salman, ST, MIT meraih penghargaan di International Conference-ASEAN JAPAN Cybersecurity Community (IC-AJCC) 2023 baru-baru ini. Co-Founder dan

Chairman Indonesia Cyber Awareness and Resilience Center (IdCARE) UI ini diapresiasi di tingkat internasional atas kontribusinya membangun kerja sama komunitas ASEAN-Jepang di bidang keamanan siber (cybersecurity).


IC-AJCC adalah konferensi pemangku kepentingan asal Jepang dan ASEAN untuk mengatasi tantangan keamanan siber yang kian kompleks. Sekitar 200 peserta hadir dari kalangan akademisi, profesional, praktisi, dan komunitas keamanan sibe


Platform Pemerintah Jepang ini juga dihadiri perwakilan lembaga strategis dan pemerintahan Jepang, antara lain Japan International Cooperation Agency (JICA), Ministry of Economy, Trade, and Industry (METI), Japan Computer Emergency Response Team (JPCERT), Ministry of Internal Affairs and Communications (MIC), National Institute of Information and Communications Technology (NICT) serta National Center of Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC).


Penghargaan bagi Salman diumumkan langsung oleh Director General of National Center of Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC), Suzuki Atsuo, pada 5-6 Oktober 2023 di Tokyo, Jepang. Konferensi IC-AJCC tahun ini bertepatan dengan peringatan 50 Tahun Kemitraan ASEAN-Jepang.


Meraih penghargaan internasional ini, Salman berharap kerja sama ASEAN-Jepang dalam keamanan siber dapat terus berlanjut.


Dia juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah Jepang. Hal ini lantaran kesinambungan dan komitmennya untuk mendukung komunitas keamanan siber ASEAN dalam memperkuat kemitraan di bidang peningkatan kapasitas keamanan siber, saling berbagi wawasan dan pengetahuan, serta berbagai inisiatif kolaborasi lainnya.


"Saya harap kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik untuk menciptakan ruang siber yang aman, bersih, dan andal di bawah platform kerja sama ASEAN-Jepang," kata Dr. Salman, dikutip dari keterangan resmi UI, Sabtu (14/10/2023).


Penghargaan Kerja Sama Keamanan Siber ASEAN-Jepang

Penentuan penerima penghargaan IC-AJCC 2023 dilakukan komite bersama Pemerintah Jepang dan perwakilan ASEAN. Prosesnya menggunakan rekam jejak kontribusi tiap calon penerima penghargaan pada komunitas keamanan siber di negaranya masing-masing, serta kontribusinya dalam kolaborasi ASEAN-Jepang di bidang keamanan siber.


Berdasarkan proses tersebut, empat orang dari empat negara terpilih dari total belasan kandidat tahap akhir. Keempatnya berasal dari Indonesia, Brunei, Thailand, dan Jepang.


Dr Salman dinilai aktif membangun kerja sama ASEAN-Jepang di bidang keamanan siber selama lebih dari 10 tahun. Semula, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Centre (Id-SIRTII/CC) dari tahun 2011 hingga 2018.


Kemudian di 2019, Salman merintis kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk pengembangan kapasitas SDM profesional di bidang keamanan siber. Upaya ini dilakukannya bersama Guru Besar Fakultas Teknik UI, Prof Dr Ing Ir Kalamullah Ramli, MEng. Pada konferensi IC-AJCC 2023, Prof Kalamullah turut hadir menjadi pembicara.


Inisiatif Keamanan Siber Indonesia

Dekan FT UI, Prof Dr Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU menuturkan, capaian dan dedikasi Dr Salman telah bantu meningkatkan kapasitas keamanan siber RI dan ASEAN, Timor Leste, Bhutan, hingga Mongolia.


"Melalui proyek kerja sama dengan JICA, D. Salman berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas keamanan siber di Indonesia

dan juga di seluruh ASEAN, termasuk di dalamnya beberapa negara lain yang baru mulai menumbuhkan kapasitas keamanan siber mereka seperti Timor Leste, Bhutan, dan Mongolia," tutur Heri.


"Saat ini, di bawah naungan IdCARE, sebuah unit baru di bawah Departemen Teknik Elektro FT UI, Dr Salman bersama beberapa kolega dosen Program Studi Teknik Komputer terus mengembangkan berbagai aktivitas dan inisiatif di bidang keamanan siber," pungkasnya.



bottom of page