top of page

Kenapa Orang Jepang Mandi 1 Kali Sehari? Simak 4 Alasannya

KENAPA orang Jepang mandi 1 kali sehari? Jawabannya akan diulas dalam artikel ini. Setiap etnis memiliki tradisi dan kebudayaannya sendiri, tidak hanya dalam segi kepercayaan, kesenian, dan kuliner.


Keseharian seperti bersosialisasi hingga cara mandi pun bisa berbeda. Lantas, kenapa orang Jepang mandi 1 kali sehari? Berikut adalah alasannya dikutip dari Brightside, Senin (27/11/2023).


Alasan orang Jepang mandi 1 kali sehari


1. Tradisi sejak dulu

Pada abad ke-19, tidak ada air panas, pemanas atau perpipaan indoor di rumah penduduk Jepang, sehingga harus merebus air untuk bisa berendam dengan air panas. Hal ini memakan banyak waktu, sehingga orang Jepang punya kebiasaan mandi pada sore hari saja.


Mandi pagi sebagaimana kebiasaan di banyak negara di dunia, tidak pernah dilakukan di Jepang sampai beberapa waktu belakangan ini.


2. Suka ke pemandian umum

Orang Jepang punya kebiasaan pergi ke pemandian air panas umum. Orang dari berbagai usia datang untuk berendam, merelaksasi tubuh, dan menghabiskan waktu dengan menyenangkan. Bahkan, pergi ke pemandian umum menjadi sebuah hiburan bagi orang Jepang.


3. Keterbatasan waktu


Karena orang Jepang dikenal workaholics atau gila kerja, mereka tidak punya waktu untuk mandi pagi. Mengutip Brightside sebanyak 4,5 juta orang Jepang punya pekerjaan sampingan 6 sampai 14 jam seminggu, di samping pekerjaan tetap yang mereka miliki.


Orang Jepang juga sangat mementingkan ketepatan waktu dan keterlambatan dipandangan sangat negatif bagi orang Jepang. Itulah kenapa orang Jepang tak punya waktu untuk mandi di pagi hari yang sibuk. Sehingga mereka mandi sekali yakni sore hari.


4. Pengaruh iklim

Alasan lainnya orang Jepang hanya mandi sekali karena dipengaruhi oleh iklim. Saat musim panas, suhu dan cuaca Jepang sangat panas dan kering, sementara kebanyakan orang Jepang tidak mengendarai mobil dan memilih berpergian dengan transportasi umum, yang membuat mereka akan sangat kelelahan.


Akhirnya, mereka merasa lebih baik jika mandi di sore hari setelah sepanjang hari yang panas dan melelahkan.

Jadi, itulah beberapa alasan kenapa orang Jepang mandi 1 kali sehari, semoga artikel ini bermanfaat.


bottom of page