top of page

Kenali Kebiasaan Bersantap Makanan ala Orang Korea

08-04-2019 Bambooers tahukah kalian bahawa, Korea juga memiliki kebudayaan dan kebiasaan yang unik untuk diketahui sekalipun tidak semua kebiasaan dan kebudayaan tersebut akan cocok dengan kultur Indonesia. Salah satunya kebiasaan makan orang Korea yang sangat unik. Tentu beberapa kebiasaan bersantap orang Korea sudah OpenRicers ketahui dari serial televisi. Seperti kebiasaan menyantap mie langsung dari pancinya. Sekilas terlihat sangat tidak pantas, namun ada alasan mengapa orang Korea gemar memakan mie di panci. Perlu dicatat orang Korea tinggal di negara dengan empat musim dimana iklim dingin mendominasi sepanjang tahun. Sekalipun musim panas, temperatur udara di Korea tidak sepanas di Indonesia. Karena itulah orang Korea membutuhkan makanan yang panas untuk menghangatkan tubuh. Nah, mengkonsumsi mie langsung dari pancinya bertujuan agar panas kuah mie tetap terjaga.

Karena itulah banyak orang Korea yang sudah berusia lanjut harus memakai gigi palsu lantaran kebiasaan menyantap makanan bersuhu tinggi. Orang Korea juga gemar mengkonsumsi alkohol. Namun ini hanya diperbolehkan bagi penduduk yang sudah berusia lebih dari 20 tahun. Sama seperti mie ramyun, orang Korea meminum alkohol dengan tujuan menghangatkan diri. Kebiasaan unik lain, orang Korea gemar menyantap daging babi berlemak yang dipanggang. Tentu sedikit mengherankan ya OpenRicers, demikian banyak lemak yang masuk ke dalam tubuh namun jarang terlihat orang Korea terkena obesitas. Terlebih lagi jumlah banchan atau side dish dalam menu makanan Korea sehari-hari cukup banyak. Dan orang Korea punya cara makan yang terbilang komplit.


Satu porsi menu personal saja, atau biasa disebut hanjoungshik yang terdiri dari tiga sampai empat banchan seperti grilled fish, steamed short ribs, kimchi dan sayur mayur lengkap dengan nasi serta sup, sudah sangat mengenyangkan. Alasannya sederhana, orang Korea mengakali jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh dengan banyak mengkonsumsi bawang putih yang dipercaya mampu menetralkan darah dan mengurangi timbunan lemak dalam pembuluh darah. Sekian banyak makanan yang dikonsumsi orang Korea yang notabene memang hobi makan, tentu berimbas pada kondisi perut yang cukup penuh. Sehingga secara otomatis, reaksi tubuh pasti mengeluarkan gas dalam bentuk bersendawa. Beberapa budaya menganggap bersendawa sangat tidak sopan, namun bagi orang Korea bersendawa berarti bentuk penghargaan atas lezatnya makanan yang tersaji.

Satu hal yang perlu digarisbawahi Bambooers, ada beberapa kebiasaan orang Korea yang dinilai negatif bagi budaya Indonesia. Begitupun sebaliknya Ada beberapa kebiasaan yang dianggap kurang baik bagi orang Korea. Misalnya makan dengan memakai tangan, sangat tabu jika mengambil makanan dengan mencomot langsung. Gunakan sumpit untuk mengambil lauk bertekstur keras dan gunakan sendok untuk menyuap nasi serta kuah sup. Berbeda dengan Jepang dan China yang menyeruput kuah sup langusng dari mangkuknya dan jarang memakai sendok. Korea menilai kebiasaan tersebut justru sangat tidak sopan. Agar tak salah bersikap perhatikan sedikit table manner ala orang Korea berikut ya Bambooers.


1. Bersantap di meja makan atau dengan konsep tatami memakai bantal sebagai alas. Ada baiknya kamu tidak langsung duduk melainkan menunggu hingga dipersilahkan. Biasanya yang pertama duduk adalah orang yang usia paling senior.


2. Jangan lupa untuk mengucapkan salam sebelum dan sesudah makan. Biasanya orang Korea akan mengucapkan “Jalmukeseumnida” yang berarti “Saya akan makan dengan baik”. Dan ucapkan “Jalmeogeossseumnida” setelah makan yang berarti “Terima kasih”. Salam seperti ini merupakan simbol tata krama dalam budaya makan orang Korea.


3. Saat makan, tahan hasrat untuk segera mengambil banchan yang menggiurkan. Biarkan orang yang lebih senior mengambil lebih dulu. Dan jangan lupa untuk menjaga tempo makan, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.


4. Selama makan usahakan tidak mengangkat mangkuk nasi dan sup seperti kebiasaan makan orang Jepang dan China. Orang Korea menganggap hal tersebut sangat tidak sopan. Biarkan sendok yang menghampiri mulut, tapi jika takut tercecer boleh mendekatkan mulut ke mangkuk namun tidak menyeruput kuah sup langsung dari mangkuk.

5. Orang Korea gemar minum alkohol, tak aneh jika selalu tersaji soju di setiap acara bersantap. Saat minum, selalu usahakan untuk menuang minuman lebih dahulu, khususnya kepada mereka yang lebih tua. Gunakan satu tangan kamu untuk memegang botol atau gelas saat kamu menuang atau menerima minuman dari orang yang lebih tua, sementara satu tangan lagi memegang tangan yang menggenggam botol atau gelas. Tata cara tersebut juga berlaku saat kamu menerima dan memberikan piring yang berisi makanan kepada orang lain yang lebih tua. Cukup unik bukan budaya dan kebiasaan makan orang Korea? Jika Bambooers tengah berlibur ke Korea atau diundang bersantap bersama orang Korea tentu sudah paham dengan kebiasaan mereka ya. Let's enjoy your Korean food Bambooers! Semoga artikel ini bermanfaat yaaa :)



Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Korea dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

コメント


bottom of page