top of page

Kaki Tangan Xi Jinping Buka-bukaan Masalah Palestina di RI, Sebut Ini

Melalui kunjungan bilateral ke Indonesia, China sepakat untuk mendukung Palestina. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi di depan

"China dan Indonesia meminta Palestina segera menjadi anggota resmi PBB. Kami menyerukan di dunia internasional yang lebih luas dan berwibawa serta efektif agar bisa menghasilkan two-state Solution," ujar Wang di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI di Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).


Semetara Menlu Retno Marsudi menyebut baik RI dan China memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza serta penyelesaian masalah Palestina secara adil melalui Two-state Solution.


"Indonesia akan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB," kata Retno.

Dalam pertemuan bilateral, baik Retno dan Wang juga membahas situasi dan stabilitas di Timur Tengah saat ini. Ia mengatakan kedua negara memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya melakukan deeskalasi.


"Saya menjelaskan mengenai upaya diplomatik yang dilakukan Indonesia sejauh ini dan saya yakin China akan menggunakan pengaruhnya guna mencegah terjadinya eskalasi," jelas Retno.

"Stabilitas Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa isu penyelesaian isu Palestina," tambahnya.


Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara yang konsisten mendukung perjuangan bangsa Palestina, terutama setelah Israel menyerang Gaza. Retno menyebut pihaknya terus melakukan komunikasi diplomatik dengan berbagai menlu berbagai dunia untuk membantu menyelesaikan konflik di Timur Tengah, termasuk Palestina.


Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page