top of page

Jepang Siapkan Bunker Hadapi Kiamat Nuklir

Tak hanya di Amerika Serikat, Jepang juga tengah membangun rumah-rumah bawah tanah bagi mereka yang mencari perlindungan dari situasi apokaliptik. Khususnya dampak nuklir.


Dikutip dari detikInet, ketertarikan Jepang terhadap upaya pembangunan bunker kiamat dilaporkan meningkat sejak tahun lalu ketika negara tetangganya, Korea Utara, terus menyempurnakan rudal balistiknya, dan Rusia mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk melawan Ukraina.


Sejauh ini, situasi tersebut tampaknya tidak akan berakhir, dan Korea Utara baru-baru ini menyerukan 'perang balas dendam' terhadap AS dan Rusia yang menunjukkan tanda-tanda ketidakstabilan setelah upaya pemberontakan.


Selain itu, sebagian warga Jepang khawatir terhadap konflik China-Taiwan dan bencana alam. Terlebih lagi, Jepang adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah mengalami serangan bom nuklir, yang dampak bencananya terus berlangsung selama beberapa dekade.


Dikutip dari NextShark, Rabu (13/12/2023) Japan Nuclear Shelter Association (JNSA) berada di balik pembangunan bunker kiamat ini. JNSA adalah sebuah organisasi nirlaba yang memimpin upaya untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk membangun bunker mereka sendiri.


Pada Mei lalu, organisasi tersebut membuka model tempat perlindungan dari serangan nuklir di kantornya di Tsukuba, Prefektur Ibaraki. Sejak itu, tempat ini telah menjadi tuan rumah bagi sekitar 40 tempat tur untuk para politisi, lembaga pemerintah, profesional di bidang konstruksi, dan media.


Meskipun fasilitas ini masih tertutup untuk umum, JNSA telah meningkatkan jumlah keanggotaannya menjadi sekitar 30 perusahaan hanya dalam setahun.




bottom of page