top of page

Jepang Kembali Buang Limbah Nuklir Fukushima pada 5 Oktober


Jepang akan melepaskan gelombang kedua dari 1,34 juta limbah nuklir Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima ke laut pekan depan. Hal tersebut diumumkan oleh operator PLTN Fukushima Tokyo Electric Power (Tepco).

Pembuangan limbah nuklir Fukushima tahap pertama berlangsung pada 24 Agustus 2023.


"Inspeksi setelah pelepasan pertama telah selesai ... Pelepasan (kedua) akan dimulai pada 5 Oktober," ujar Tokyo Electric Power pada Kamis (28/9/2023), seperti dilansir The Guardian Sabtu (30/9).

Pelepasan 1,34 juta limbah nuklir Fukushima, yang terkumpul sejak tsunami melumpuhkan fasilitas tersebut pada tahun 2011, telah membuat China berang. Imbasnya, China melarang semua impor seafood Jepang pasca pelepasan pertama, meskipun Jepang bersikeras bahwa operasinya tidak menimbulkan risiko.


Rusia, yang hubungannya dengan Jepang tidak baik, dilaporkan juga sedang mempertimbangkan untuk menerapkan larangan impor seafood.

Pada tahap pertama, sekitar 7.800 ton limbah nuklir dilepaskan ke Samudra Pasifik dari total rencana 1,34 juta ton - jumlah yang setara dengan lebih dari 500 kolam renang Olimpiade.

Tepco mengatakan bahwa limbah nuklir telah disaring dari semua unsur radioaktif kecuali tritium, yang berada dalam tingkat aman. Pernyataan itu didukung oleh Badan Tenaga Atom PBB (IAEA).


China menuduh Jepang menggunakan laut seperti saluran pembuangan. Tuduhan serupa disuarakan di PBB pekan lalu oleh Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare, yang telah menjalin hubungan dekat dengan China.


sumber: https://www.liputan6.com/global/read/5410634/jepang-kembali-buang-limbah-nuklir-fukushima-pada-5-oktober?page=2

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page