top of page

Jepang Bikin Sayembara Tembak Beruang, per Ekor Dihargai Rp 500 Ribu


Serangan beruang yang kerap terjadi di Prefektur Akita, Jepang, membuat pemerintah resah. Mereka kemudian mengadakan sayembara bagi warga yang bisa menembak beruang.

Prefektur Akita merupakan wilayah yang paling parah mengalami penurunan jumlah penduduk. Mayoritas orang yang tinggal di sana berusia senja.


Dengan kondisi lingkungan yang sepi, beruang mulai berani menyerang penduduk Akita. Pada awal bulan ini, empat warga lanjut usia dilaporkan diserang beruang sehingga perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit.


Berdasarkan penghitungan, total ada 53 orang yang telah diserang beruang di Akita. Jumlah ini kira-kira tiga kali lebih banyak dari jumlah tertinggi tahunan pada 2022.


Menanggapi hal ini, Gubernur Akira Norihisa Satake mengadakan konferensi pers di mana ia mengumumkan hadiah beruang di prefektur tersebut.


"Sebagai sebuah prefektur, kami akan memberikan dukungan finansial kepada mereka yang berburu beruang," janji Satake seperti dikutip dari SoraNews24 pada Jumat (27/10/2023).


Melalui program ini, para pemburu akan dibayar 5.000 yen (sekitar Rp 500 ribu) untuk setiap beruang yang mereka bawa, dan uang tersebut dimaksudkan untuk mengganti biaya transportasi dan amunisi.


Biasanya, bila beruang sudah berpotensi membahayakan, pemerintah akan mengirim organisasi pemburu untuk menembak beruang. Mereka dibayar untuk jasa perburuan itu.


Namun, dengan kembali dibukanya musim rekreasi berburu beruang di Akita bulan depan, pemerintah mengundang warga sipil untuk ikut berburu.


Kendati mengizinkan perburuan beruang, pemerintah tetap memberikan batasan tahunan untuk jumlah beruang yang boleh diburu dalam satu musim. Tujuannya untuk mengendalikan populasi beruang, bukan memusnahkannya.


Alasan kedua, karena mendapatkan atau memiliki senjata di Jepang merupakan proses yang rumit dan mahal. Jadi, sayembara ini sebaiknya diikuti pemburu berpengalaman alih-alih amatiran yang mencari uang.


Sebenarnya, konflik antara warga dengan beruang di Akita bukanlah hal baru. Beruang sudah lama menjadi ancaman tersendiri untuk warga. Oleh sebab itu, anjing Akita dulunya dibiakkan untuk berburu beruang.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

Comments


bottom of page