top of page

Gempa M 7,7 Getarkan Taiwan, Jalur MRT Taipei Bergeser Hampir Putus

Sistem kereta MRT Taiwan di Taipei dan beberapa kota lainnya ditangguhkan usai gempa bumi dahsyat magnitudo 7,7 mengguncang wilayah itu pada Rabu (3/4) pagi waktu lokal.


Media lokal China Times melaporkan Biro New Taipei Rapid Transit atau MRT Taiwan mengonfirmasi ada jalur rel kereta yang bergeser imbas gempa dahsyat tersebut.



Pergeseran rel MRT ini terjadi di ruas jalur baru MRT dan stasiun Zhongyuan. Wali Kota New Taipei City, Hou Youyi juga telah menginstruksikan agar sementara ini sistem operasional bus dimaksimalkan.



Di saat bersamaan, Hou menuturkan sistem MRT akan dihentikan sementara waktu sampai perbaikan selesai dan kondisi aman, menurut laporan China Times.



Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat momen menegangkan para penumpang kereta MRT Taiwan terjebak di dalam gerbong ketika gempa terjadi.



Guncangan terasa sangat besar sampai membuat laju kereta diperlambat.



Gempa Rabu pagi memicu gedung runtuh, jalanan amblas, hingga bukit longsor di dekat pusat gempa.



Dikutip Taipei Times, gempa yang berlangsung sekitar pukul 07.58 waktu lokal itu berpusat sekitar 25 kilometer dari tenggara Kota Hualien dengan kedalaman 15,5 kilometer.



Beberapa rekaman televisi dan video yang tersebar di media sosial memperlihatkan beberapa gedung di Hualien ambruk tak lama gempa berlangsung.



Rekaman video lainnya juga memperlihatkan sebuah bukit di Hualien tiba-tiba ambruk longsor dari kejauhan usai gempa mengguncang daerah itu.



Beberapa rekaman lainnya memperlihatkan sejumlah ruas jalan pun retak parah hingga ada yang amblas imbas gempa terbesar sejak 25 tahun terakhir di Taiwan ini.



Menurut kesaksian sejumlah warga di Taiwan, gempa sudah berulang kali terasa sejak Rabu dini hari. Namun, guncangan terbesar memang terasa pada Rabu pagi.



Belum ada informasi soal berapa jumlah korban dan kerusakan.



Namun, sejauh ini tim penyelamat Taiwan mengatakan satu orang tewas dan lebih dari 50 orang lainnya mengalami luka-luka imbas gempa dahsyat, Rabu (3/4).



"Satu tewas, lebih dari 50 terluka usai gempa," demikian menurut laporan Reuters mengutip pernyataan tim penyelamat Taiwan.





コメント


bottom of page