top of page

Festival lampion China sambut Tahun Naga di Budapest, Hongaria

Pengunjung mengambil foto pada Tahun Festival Lentera Naga di Kebun Binatang Budapest di Budapest, Hongaria, 16 Desember 2023. ANTARA/Attila Volgyi/Xinhua.


Budapest (ANTARA) - Sebuah festival lampion dibuka pada Sabtu (16/12) di Budapest sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru Imlek yang akan datang, yakni Tahun Naga.



Festival ini menampilkan ratusan karya seni lampion warisan dari Zigong, sebuah kota di Provinsi Sichuan, China barat daya, yang terkenal dengan bentuk seni tradisional tersebut.



Ratusan karya seni lampion China di Hongaria tidak hanya dimaksudkan untuk menyambut Tahun Baru Imlek, yakni Tahun Naga, tetapi juga merayakan keberagaman pertukaran budaya China-Hongaria.



"Tahun 2024 juga menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik China-Hongaria," ujar Sun Jie, konselor di Kedutaan Besar China di Hongaria, dalam upacara pembukaan acara itu.



Sun berharap festival lampion kali ini tidak hanya menampilkan perpaduan menawan antara budaya dan seni tradisional China, tetapi juga menandai semaraknya pembukaan beragam kegiatan pertukaran China-Hongaria di tahun yang baru.   


 

Seorang pengunjung berfoto selfie pada Tahun Festival Lentera Naga di Kebun Binatang Budapest di Budapest, Hongaria, 16 Desember 2023. (Attila Volgyi/Xinhua)



Endre Sos, direktur konservasi dan kesehatan hewan di Kebun Binatang Budapest, menyampaikan bahwa banyak orang di Eropa mungkin belum sepenuhnya menyadari potensi kreatif luar biasa yang dimiliki oleh seni lampion China.



Dia juga mengatakan bahwa para seniman China, dengan keterampilan mereka yang istimewa, dapat menciptakan lampion dengan hampir segala bentuk, dan itu benar-benar luar biasa.



Lentera ditampilkan pada Tahun Festival Lentera Naga di Kebun Binatang Budapest di Budapest, Hongaria, 16 Desember 2023. (Attila Volgyi/Xinhua)    



Di taman dan bangunan Biodome di bulevar Kebun Binatang Budapest, dengan mengikuti cahaya yang dipancarkan oleh ratusan lentera, Anda dapat memasuki dunia Tahun Naga yang gemerlap dan menampilkan keindahan hewan-hewan.



Pengunjung dapat datang setiap hari antara pukul 17.00 hingga 21.00 waktu setempat hingga 24 Februari. Tahun Naga akan dimulai pada 10 Februari mendatang. 


bottom of page