top of page

Falun Gong, sekte terlarang di China: 'Pemuja setan' atau gerakan spiritual?

Perempuan itu tampak ringkih, tanpa mengenakan sepatu dia berlindung di bawah payung dan berdiri di atas lembaran plastik. Dia bermeditasi seiring pengeras suara portabel memutar musik kebaktian dan ceramah rohani.


Dia adalah satu-satunya pengunjuk rasa yang berkampanye menentang perlakuan China terhadap anggota Falun Gong. Gedung yang menjulang di atasnya adalah gedung yang mewakili pemerintah China di Hong Kong, kantor penghubung Beijing.


Sebelumnya ada lebih banyak orang yang berdemonstrasi bersamanya, tetapi sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong pada tahun 2020 banyak pengunjuk rasa diadili. Maka dari itu, anggota Falun Gong tak lagi berani melakukan demonstrasi.


Kenyataannya, untuk menemukan orang yang secara terbuka mengakui bahwa mereka adalah anggota Falun Gong, Anda benar-benar perlu melakukan perjalanan ke luar negeri saat ini.


Di sebuah bangunan kumuh di pinggiran ibu kota Taiwan, Taipei, sekelompok praktisi Falun Gong duduk bersila. Mereka bermeditasi di sebuah lantai atas apartemen.


Mereka melafalkan ajaran pendiri kelompok tersebut, Li Hong Zhi, dengan lantang secara serempak. Potret berbingkai sang pemimpin tergantung di dinding apartemen.

Di pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, sekte ini dapat beraktivitas secara terbuka, tanpa takut ditangkap.


Lebih dari dua dekade lalu, Partai Komunis China melarang sekte spiritual tersebut, dan menyebut gerakan Falun Gong sebagai “pemujaan jahat”.

Falun Gong mengatakan para anggotanya di China menghadapi penganiayaan, kerja paksa dan bahkan dibunuh untuk diambil organnya.


Klaim ini dibantah oleh pihak berwenang China, namun pengadilan internasional independen menganggap klaim tersebut kredibel.

“Para anggota Pengadilan yakin – dengan suara bulat, dan tanpa keraguan – bahwa di China pengambilan organ paksa dari tahanan telah dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama dan melibatkan sejumlah besar korban,” sebuah keputusan sementara pada bulan Desember 2018 menyatakan.


Falun Gong sering dideskripsikan sebagai oposisi pemerintah China paling terorganisir, tapi apa sebenarnya itu?


bottom of page