top of page

Fakta Unik Negara Korea Selatan

21-01-2019 Korea Selatan yang sering disebut sebagai negeri ginseng ini memang kaya akan budaya. Meski perkembangan teknologi sudah sangat maju di negara ini, tapi budaya kunonya masih dijaga dengan baik. Kebiasaan-kebiasaan tradisional yang lama pun tidak ditinggalkan begitu saja. Nah, di bawah ini ada beberapa fakta lainnya tentang negara Korea Selatan. Apa saja, ya? Yuk langsung kita simak ya..


1.Sebagian Besar Punya Penglihatan Buruk

Warga negara Korea Selatan dikenal dengan kebiasaannya yang sering memainkan gadget. Karena kebiasaan ini, sebagian besar orang Korea Selatan mempunyai penglihatan yang buruk. Kebanyakan dari mereka memakai kacamata, bahkan yang berusia muda sekalipun.


2. Apakah Kamu Sudah Makan?

Di Korea Selatan, terdapat banyak tempat makan atau jajanan, restoran, atau pun kafe di sepanjang jalan. Jika kamu pergi ke negara ini dan bertemu dengan teman asli warga negara Korea Selatan, jangan heran mereka akan lebih dulu menanyakan “Apakah kamu sudah makan?” dari pada menanyakan “Apa kabar?” Makanan yang paling penting di sana adalah kimchi, yang merupakan makanan tardisional. Kimchi terdiri dari sayuran yang telah diberi bumbu dan diawetkan.


3. Jangan Menulis Nama dengan Tinta Merah

Di negara ini ada kepercayaan yang mengatakan bahwa jika kamu menulis nama seseorang dengan menggunakan tinta berwarna merah, maka orang tersebut akan mengalami masalah serius dalam waktu dekat. Karena itu merupakan kebiasaan mereka, selama kamu berada di negara ini sebaiknya jangan pernah gunakan tinta merah untuk menulis apapun, ya!


4. Hanya Menggunakan Internet Explorer

Di Korea Selatan semua orang menggunakan Internet Explorer sebagai browser. Mereka tidak tahu bahkan tidak tertarik akan browser lainnya. Ini karena situs di negara Korea Selatan memang dirancang hanya untuk Internet Explorer, jika menggunakan browser lain, bisa jadi tidak bisa diakses dengan baik. Mereka juga mempunyai mesin pencari seperti Google, yaitu naver.com.


5. Makna Bendera Negara yang Sangat Dalam

Bagian belakang bendera Korea Selatan berwarna putih yang melambangkan warna nasional negara ini. Warna putih bagi mereka melambangkan kedamaian dan kemurnian. Lalu lingkaran yang ada ditengah bendera terinspirasi dari yin dan yang, melambangkan keseimbangan alam semesta. Bagian birunya melambangkan energi negatif, sedangkan yang berwarna merah melambangkan energi positif. Trigram yang ada di bagian tepi jumlahnya ada empat, masing-masing melambangkan angin, api, air, dan bumi.


6. Operasi plastik sangat populer.

Menurut survei sosiologis, satu dari lima wanita di Korea Selatan telah menjalani operasi plastik. Ya, operasi plastik sudah dianggap biasa di Korea Selatan. Terkadang orangtua sering membiayai anaknya sebagai hadiah kelulusan. Operasi yang paling populer adalah memutihkan kulit, menghilangkan tanda lahir dan mengubah bentuk mata. Tak hanya wanita, pria juga kerap kali melakukan operasi ini.


7. Perawatan gigi sangatlah mahal.

Orang Korea Selatan memang sangat teliti jika berhubungan dengan kebersihan gigi. Mereka membersihkan giginya setiap habis makan dan juga setelah minum kopi. Bahkan mereka juga selalu membawa sikat gigi di tas mereka. Di beberapa toilet juga menyediakan sikat gigi gratis jika kamu lupa membawanya.


8. Cybersport merupakan permainan yang diakui secara resmi di Korea Selatan.

Korea Selatan adalah tempat lahirnya cybersport. Pada awal tahun 2000an, kemunculan game Starcraft telah mengunah sebuah permainan menjadi ajang yang kompetitif. Para pemain game ini pun bisa menjadi layaknya seorang bintang yang memiliki ribuan penggemar. Stadion dengan layar besar kerap kali digunakan untuk permainan berskala besar.


9. Orang Korea Selatan sangat tergila-gila dengan makanan.

Jika kamu pergi ke Korea Selatan, kamu akan dengan mudah menemukan restoran, kafe atau pun bar di sepanjang jalan. Saat bertemu dengan orang Korea Selatan, mereka akan menanyakan apakah kamu sudah makan daripada hanya sekedar menanyakan kabarmu. Hidangan yang paling penting bagi mereka adalah kimchi, makanan tradisional yang terdiri dari sayuran yang telah dibumbui dan diawetkan.


10. Semua orang menggunakan kosmetik.

Wanita Korea Selatan selalu merawat kulit dan rambut mereka dengan sangat baik. Daripada harus pergi ke salon tiap hari, mereka lebih memilih menggunakan sejumlah produk kosmetik. Mereka juga hampir tidak pernah keluar rumah tanpa makeup. Mereka memang benar-benar menjaga penampilan mereka. Oleh karean itu kosmetik Korea sangatlah populer di seluruh dunia. Demoga artikelnya bermanfaa yaaa :)



Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Korea dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool


bottom of page