top of page

Dibalik Sifat Kerja Keras Warga Negeri Ginseng, Korea

11-04-2019 Negeri yang punya empat musim dan terkenal dengan julukan The Land of Morning Calm ini begitu memesona kala pergantian musim tiba. Menurut sejarahnya, nama ini diberikan Kaisar Ming dari Dinasti China. Kala itu, beliau menyebut Korea sebagai negara yang sangat indah dengan alam pegunungan, air yang bersih, dan suasana yang sangat tenang, terutama waktu pagi hari. Dalam sebuah kesempatan lain, Dr Charm Lee, President Korea Tourism Organization (KTO) yang pernah datang dan memberikan kuliah umum di kampus saya, Sol-Bridge International School of Business, sempat bertanya kepada kami semua, ”Apa yang terlintas di benak kalian ketika pertama kali menyebut nama Korea?” Sebagian orang yang hadir menjawab kimchi, hanbok, K-pop, dan Samsung. Beliau mengatakan bahwa kalau kita gali lebih dalam, sebenarnya Korea identik dengan energi. Energi itu berasal dari gunung kemudian terpancar lewat sikap yang dimiliki orang Korea, seperti kerja keras, tidak mudah putus asa, dan aktif.

Setiap akhir Minggu, gunung-gunung di Korea selalu dipenuhi orang-orang yang ingin mendapatkan energi positif tersebut, di samping tentunya ingin menikmati keindahan alam. Mereka datang secara rombongan atau sendiri-sendiri. Naik gunung di Korea sangat berbeda dengan naik gunung di Indonesia. Hampir di semua gunung yang ada sudah dibuat jalan yang bagus. Bahkan, di beberapa gunung yang sangat tinggi, ada fasilitas cable car. Informasi mengenai jalur-jalur pendakian juga sangat gampang didapat, terutama lewat situs Korea National Park. Hiking dan naik gunung menjadi kegiatan rutin yang mereka lakukan, termasuk saya. Ramalan cuaca menyebutkan bahwa hujan akan turun pada hari Minggu, 4 November 2012, sore hari ketika saya memutuskan untuk pergi ke Gunung Naejangsan.


Naejang dalam bahasa Korea berarti ‘banyak rahasia’ dan san berarti ‘gunung’. Naejangsan yang terletak di Kota Jeongeup, Provinsi Jeolla-do, tiga jam perjalanan dari Seoul naik bus atau kereta, merupakan tujuan wisata utama masyarakat Korea dan warga negara asing untuk menikmati keindahan alam musim gugur, terutama untuk melihat daun-daun crimson yang berwarna-warni. Berbeda dengan musim semi ketika daun-daun mekar dari bawah ke atas, yaitu dari Kota Busan, Daejeon, kemudian Seoul, perubahan warna daun pada musim gugur akan dimulai dari atas ke bawah, yaitu gunung di dekat Seoul, Daejeon, dan kemudian Gwangju. Ada satu trend yang berkembang di Negeri Ginseng Korea. Gwarosa, kerja keras sampai meninggal.'Dalam bahasa Korea, 'gwarosa' berarti meninggal karena terlalu lelah bekerja. Ironis, namun ini benar-benar terjadi.

Menurut data pemerintah Korea, Chae adalah satu dari ratusan orang yang meninggal dunia karena kelelahan bekerja pada 2017. Di antara negara OECD, orang Korea Selatan bekerja lebih lama beberapa jam lebih lama per minggunya dibanding negara lainnya. Lamanya mereka bekerja ini juga 50 persen lebih lama dibanding negara industri terkenal, Jerman.

Pada Juli lalu, dewan legislatif mengurangi jumlah jam kerja maksimum dari 68 jam per minggu menjadi 40 jam, dan 12 jam lembur akan mendapat bayaran. Presuden Moon Jae-in sempat mengatakan bahwa ini akan menjadi kesempatan untuk mengurangi orang jadi antisosial karena lembut dan meningkatkan waktu untuk bersama keluarga. "Hal yang paling penting adalah adanya solusi fundamental untuk melindungi hidup dan keamanan orang dengan mengurangi jumlah orang yang meninggal karena kelelahan kerja, kecelakaan industri, dan menyetir sambil mengantuk," kata Moon.


Namun untuk keluarga yang sudah menderita karena kehilangan orang tersayang akibat kelelahan bekerja, masih punya masalah lain. Mereka masih harus bertarung untuk mendapatkan kompensasi. Namun hal ini jauh lebih sulit dari anggapan Park. Korea Workers Compensation and Welfare Service (COMWEL) dari lembaga pemerintah memintanya untuk membuktikan kalau Chae memang meninggal saat bekerja. "Ini sulit. Dia biasanya berangkat pukul 07.00. dan pulang pukul 22.00 tapi tak ada data kerja yang menunjukkan jam kerjanya." Sungguh ironis ya, Semoga dari artikel ini kita belajar untuk bisa memanage waktu dengan baik. Semoga artikel bermanfaat yaaa :)


Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Korea dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page