top of page

Di Pulau Jepang Ini, Kucing dan Rusa Berperan Penting Bagi Wisata

Gempa besar dan tsunami melanda wilayah Tohku, Jepang pada 2011. Semuanya luluh lantak, namun pula itu pulih lebih cepat karena kucing dan rusa.


Traveler pernah mendengar tentang Pulau Kucing di Jepang? Ya, itu berada di Tashirojima yang sekarang menjadi salah satu tujuan populer pecinta kucing.



Konon, dulu kucing sengaja didatangkan untuk mengusir tikus, karena warga setempat mengembangbiakkan ulat sutera. Namun seiring berjalannya waktu, populasi kucing meningkat bahkan melebihi manusia yang tinggal di pulau itu. Perbandingannya 4:1 saking banyaknya kucing.


Tashirojima terletak di dalam kawasan Taman Nasional Rekonstruksi Sanriku Fukko Jepang. Membentang sekitar 220 km di sepanjang pantai timur laut Pasifik yang menakjubkan, taman ini didirikan untuk membantu membangun kembali wilayah tersebut setelah gempa bumi dan tsunami dahsyat pada 2011.


Kucing-kucing tersebut berperan dalam menarik pengunjung ke wilayah terpencil di negara ini.



"Karena banyak kucing, banyak wisatawan yang datang ke sini, dan ini membuat pulau ini sangat dinamis. Mereka adalah teman yang sangat penting dan Pulau Tashiro tanpa kucing tidak akan menjadi Pulau Tashiro," kata nelayan setempat, Hama Yutaka kepada Euronews, Selasa (19/12/2023).





bottom of page