top of page

Cuma di Korea, Semua Penerbangan Dihentikan gegara Ujian Nasional


Seoul - Korea Selatan menggelar tes masuk perguruan tinggi secara serentak pada Kamis (16/11/2023). Demi kelancaran ujian nasional itu, mereka sampai melarang penerbangan.

Pemerintah Korea Selatan mengumumkan larangan tersebut pada Selasa (14/11/2023). Pemerintah mengatakan, semua pesawat yang lepas landas dan mendarat di seluruh Korea Selatan akan dilarang untuk sementara.


Pelarangan tersebut untuk mencegah kebisingan saat berlangsungnya Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi (CSAT) yang merupakan ujian tahunan bagi para pelajar di negara tersebut.


Menurut Kementerian Perhubungan Korea Selatan, kegiatan lepas landas dan pendaratan pesawat dibatasi selama 35 menit antara pukul 13.05 - 13.40 pada Kamis. Pada saat tersebut, para pelajar mengikuti ujian mendengarkan (listening) bahasa Inggris sebagai salah satu bagian dari ujian masuk perguruan tinggi nasional.


Dilansir dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Kementerian Perhubungan menyebut keputusan ini dibuat untuk mencegah kebisingan pesawat selama ujian nasional. Semua pesawat terbang, kecuali yang berada dalam situasi darurat, harus tetap berada di wilayah udara pada ketinggian 3 kilometer atau lebih, di bawah kendali otoritas pengatur lalu lintas udara.


Dengan adanya aturan ini, sebanyak 94 jadwal operasional penerbangan harus disesuaikan. Oleh sebab itu, kementerian meminta maskapai penerbangan memberitahu penumpang tentang perubahan ini.


Seperti sudah disinggung di awal, CSAT merupakan ujian yang digelar pada Kamis ketiga bulan November setiap tahunnya. CSAT merupakan ujian paling penting di Korea Selatan karena menjadi penentu dari usaha pelajar yang bertahun-tahun mempersiapkan diri untuk masuk universitas terbaik di Negeri Ginseng.


Tahun ini, sebanyak 504.588 siswa sekolah menengah atas, lulusan dan lainnya mendaftar untuk mengikuti CSAT. Tes itu terdiri atas lima sesi yang berdurasi sembilan jam dan dilaksanakan di 1.279 lokasi ujian di seluruh negeri.


Source : https://travel.detik.com/travel-news/d-7040029/cuma-di-korea-semua-penerbangan-dihentikan-gegara-ujian-nasional

bottom of page