top of page

China Dicemaskan Sikat Satelit Amerika dari Bulan

China disebut bisa merencanakan serangan ke satelit milik Amerika Serikat dari Bulan, hal ini ditakutkan oleh komandan Space Force AS terkait program luar angkasa milik China.


Masalah ini Brigjen Anthony Mastalir, komandan Space Force Indo-Pacific, saat membicarakan program eksplorasi bulan yang tengah dilakukan China, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (20/3/2024).



"Dari perspektif militer, yang saya bingung adalah, ada vektor serangan yang belum kami pertimbangkan atau perlu kami pertimbangkan, apakah ini adalah xGeo, cislunar, atau lainnya," kata Mastalir.



XGeo adalah sebutan Space Force untuk semua hal di luar angkasa di orbit geosynchronous, atau titik yang berjarak 35 ribu km dari permukaan Bumi. Sementara Cislunar mengacu pada ruang antara Bumi dan Bulan.



Mastalir mengaku saat ini masih berfokus pada potensi konflik di Bumi, namun strategi China di Bulan sangat perlu diperhatikan.



"Untuk saat ini saya lebih khawatir tentang apa yang terjadi di orbit baru ini, kehadiran bulan -- apa yang bisa menjadi potensi vektor serangan untuk orbit operasi tradisional kami," tambahnya.



Saat ini AS punya ribuan satelit di orbitnya, yang dipakai untuk banyak keperluan baik itu sipil maupun militer. Mereka juga punya satelit cisluran yang dipakai untuk memantau ancaman misil balistik.



Pihak AS belakangan ini terlihat sangat waspada terhadap rencana militer China di luar angkasa. Salah satunya adalah Jenderal Stephen Whiting, pimpinan US Space Command, yang menyebutkan kemampuan militer China di luar angkasa tumbuh dengan sangat cepat.



Pihak China menepis tudingan tersebut dan menyebut AS membuat tuduhan tersebut sebagai alasan untuk mengembangkan kemampuan militernya sendiri.



Salah satu rencana China dalam hal eksplorasi ruang angkasa adalah membawa astronautnya ke Bulan pada akhir dekade ini. Banyak pakar yang percaya bahwa rencana eksplorasi China adalah bagian dari rencana mereka untuk mengklaim kepemilikan atas Bulan.





Comments


bottom of page