top of page

China Buat Baterai Tenaga Manusia, Ditanam Dalam Tubuh

Tenaga manusia ternyata dapat dimanfaatkan untuk baterai. Peneliti asal China berhasil menguji coba mengisi ulang baterai dengan metabolisme tubuh manusia.

Baterai tersebut dibuat oleh tim peneliti Universitas Tianjing. Mereka berhasil membuat baterai yang diisi ulang menggunakan oksigen dalam tubuh.



Oksigen itu digunakan sebagai katoda. Ini yang akan mengalirkan listrik dan diproses menggunakan emas serta sodium.

Para peneliti mengatakan baterai akan berfungsi tanpa harus diganti dengan cara ini. Karena oksigen dalam tubuh manusia tetap tersedia sepanjang waktu.



"Oksigen adalah sumber kehidupan kita. Jika kita bisa menggunakan suplai oksigen di dalam tubuh, masa pakai baterai lagi dibatasi oleh daya tahan material yang digunakan di baterai konvensional." tulis para peneliti di jurnal Chem.

Sebelumnya uji coba pengecasan baterai dilakukan pada tikus laboratorium. Listrik yang dihasilkan berkisar 1,3 hingga 1,4 volt.



Para peneliti juga mengklaim tidak ada permasalahan kesehatan atau pembengkakan pada tikus usai uji coba. Namun energi yang dihasilkan memang belum cukup besar.

Baterai dengan tenaga manusia ini berfungsi untuk perangkat yang ditanam di dalam tubuh. Termasuk perangkat yang bisa mendukung fungsi organ, seperti pacu jantung dan simulator lambung.



Saat ini, perangkat yang ada di dalam tubuh manusia menggunakan daya yang terbatas. Jika energi baterai habis, maka orang tersebut harus melalui operasi bedah.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Hozzászólások


bottom of page