top of page

Check-In Tak Lagi Lama, Bandara Ini Pamer Layanan Antar-Jemput Koper


Bandara Osaka berinovasi. Bandara di Jepang itu akan memanjakan turis dengan layanan baru.

Dilansir dari Nikkei Asia pada Kamis (9/11/2023), Bandara Internasional Kansai, Osaka telah melakukan layanan uji coba untuk antar jemput koper penumpang pesawat. Tujuan dari layanan ini adalah menghemat waktu check-in penumpang.


Layanan ini dikelola oleh Airporter, sebuah perusahaan kurir di Jepang. Perusahaan ini memiliki visi untuk mengurangi waktu antre check-in bandara sebesar 30% pada tahun 2025.


"Layanan ini direncanakan untuk mengurangi 'kemacetan' di bandara utama Osaka saat menjadi tuan rumah World Expo 2025," ucap Kunio Izumitani, CEO Airporter.


Turis yang melakukan penerbangan dari dan Osaka bisa memesan layanan ini dari hotel yang sudah berpartisipasi dengan Airporter. Jika sudah memesan, koper akan diambil pukul 9 pagi dengan penjemputan paling malam pukul 11 malam. Koper akan sampai nanti di bandara tujuan.

Airporter telah menguji layanan ini dari Juli hingga Oktober dengan menggunakan penerbangan Japan Airlines ke Bangkok.


Nantinya, biaya layanan ini diperkirakan USD 35 atau sekitar Rp 500 ribu untuk setiap koper. Saat ini Airporter sedang berupaya menjalin kerja sama dengan 250 hotel di Osaka dan 60% maskapai penerbangan di Bandara Internasional Kansai.


Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) juga menawarkan layanan serupa bagi wisatawan yang berangkat ke luar negeri dari Jepang. Layanan ini akan membawakan koper penumpang pesawat daru rumah ke bandara tujuan.


Baca artikel detikTravel, "Check-In Tak Lagi Lama, Bandara Ini Pamer Layanan Antar-Jemput Koper" selengkapnya https://travel.detik.com/travel-news/d-7026810/check-in-tak-lagi-lama-bandara-ini-pamer-layanan-antar-jemput-koper.


bottom of page