top of page

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula dengan Mudah



Bagi sebagian orang, belajar bahasa Mandarin memang bukanlah hal yang mudah. Bahasa Mandarin memiliki cara pelafalan dan penulisan huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Sebagai pemula, kamu tidak perlu khawatir karena Cakap akan membantumu agar kamu bisa belajar bahasa Mandarin dengan lebih mudah.


Kamu tidak perlu takut lagi karena merasa bahwa belajar bahasa Mandarin itu terlalu sulit. Di sini, Cakap akan memberitahumu cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Mulai dari pengetahuan dasar apa saja yang harus dipersiapkan hingga cara cepat belajar bahasa Mandarin. Berikut ulasannya!


Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula


Berikut ini beberapa cara jitu belajar bahasa Mandarin untuk pemula yang bisa kamu lakukan untuk mengasah skill bahasa Mandarinmu:


(1) Pelajari Hanyu Pinyin


Hànyǔ Pīnyīn (汉语拼音) atau sering disingkat sebagai Pīnyīn , secara harfiah berarti “bunyi bersama bahasa”.  Pīnyīn dalam bahasa Mandarin merupakan sebuah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Romanisasi adalah pengalihan aksara (huruf) dari yang non-latin menjadi huruf latin.


Nah, salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mempelajari Pīnyīn. Selain sebagai bentuk romanisasi, Pīnyīn juga merupakan salah satu bentuk penyederhanaan, karena jika kamu belajar bahasa Mandarin untuk pemula di tempat seperti Taiwan, belum tentu akan  mendapatkan pelajaran tentang Pīnyīn.


Pīnyīn juga digunakan untuk membantumu melafalkan intonasi yang ada di huruf Mandarin. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam melafalkan huruf Mandarin bagi kamu yang masih belajar bahasa Mandarin dasar.


(2) Pelajari Intonasi dalam Bahasa Mandarin


Bahasa Mandarin memiliki empat jenis intonasi. Keempat jenis intonasi tersebut dapat menentukan arti dari suatu kata. Hal ini mungkin agak membingungkan bagi kamu yang belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Intonasi dari pelafalan yang diucapkan dalam bahasa Mandarin memberikan arti tersendiri bagi setiap huruf.


Banyak yang beranggapan bahwa mempelajari intonasi bahasa Mandarin merupakan hal yang sulit padahal bila kamu sering mendengarkan percakapan bahasa Mandarin, ini dapat mempermudah dan membantumu belajar bahasa Mandarin dasar.


Dalam bahasa Mandarin terdapat empat jenis intonasi, yaitu:


  1. Intonasi datar (ping) –> —

  2. Intonasi naik (shang) –> /

  3. Intonasi memantul (qu) –> V

  4. Intonasi agak menghentak (ru) –>


Nah, inilah mengapa intonasi sangatlah penting dalam berbahasa Mandarin. Satu kata yang sama dalam bahasa Mandarin dapat memiliki arti yang berbeda jika diucapkan dengan intonasi yang berbeda pula.


Contoh:

  • “Kalajengking” dalam bahasa Mandarin adalah xiē zi dan untuk “sepatu” adalah xié zi

  • “Bertanya” dalam bahasa Mandarin adalah wèn dan “mencium” dalam bahasa Mandarin adalah wěn.


Bila kamu  merasa bingung, kamu bisa belajar bahasa Mandarin online di Cakap karena Cakap akan membantumu belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula dengan tim pengajar langsung dari Beijing.


(3) Sering Mendengarkan Bahasa Mandarin


Salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mendengarkan bahasa Mandarin. Kamu bisa mendengar lagu bahasa Mandarin, film bahasa Mandarin, atau mendengarkan percakapan bahasa Mandarin.


Hal ini dilakukan guna membiasakanmu dengan bahasa Mandarin. Agar kamu semakin familiar, sehingga ini akan memudahkanmu dalam belajar bahasa Mandarin. Kamu juga akan terbiasa dengan intonasi bahasa Mandarin sehingga kamu pun dapat lebih memahaminya.


(4) Melatih Menulis Tulisan Bahasa Mandarin


Setelah mempelajari tentang bagaimana kamu mendengarkan bahasa mandarin, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melatih kemampuan menulis dalam bahasa Mandarin. Latihan menulis huruf Mandarin ini dapat dilakukan setiap hari, lalu tidak lupa untuk dihafalkan arti dan juga bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat dalam bahasa mandarin.


Yuk, kita lihat beberapa dasar dari huruf Hanzi!



bottom of page