top of page

Bye-bye, Shinkansen Jepang Hapus Ruangan 'Smoking Room'




Baca juga: Dear Traveler, Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung Adalah WHOOSH

Selain itu, JR West mengumumkan rencana untuk menghilangkan area merokok yang tidak dipisahkan oleh tembok di delapan stasiun di sepanjang jalur Sanyo Shinkansen, termasuk Stasiun Shin-Kurashiki.


Dikutip dari SoraNews, kereta Shinkansen Tokaido yang melayani Tokyo-Fukuoka yang dijalankan JR Central telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus ruang merokok kereta. Mobil seri N700 Tokkaido Shinkansen saat ini diperkenalkan pada musim panas 2007.


Meskipun tidak diperbolehkan merokok di area tempat duduk gerbong mana pun, gerbong 3, 10, dan 15 dilengkapi dengan ruang merokok sambil berdiri. Kamar-kamar tersebut terletak di ujung gerbong, dekat tempat mereka terhubung ke gerbong berikutnya di kereta, dan dapat diakses melalui pintu geser.


Karena jalur Tokaido Shinkansen menyatu dengan jalur Sanyo Shinkansen yang dioperasikan JR West, penghapusan ruang merokok juga akan berdampak pada kereta yang melaju lebih jauh ke barat dari Osaka. Perubahan ini menandai langkah terakhir dalam transisi ke lingkungan yang sepenuhnya bebas asap rokok untuk Tokaido Shinkansen, yang dulunya memiliki seluruh mobil yang diperbolehkan merokok di dalam area tempat duduk penumpang.


Pengumuman JR Central melalui akun Twitter resminya mendapat tanggapan beragam. Ada yang memuji langkah tersebut dan ada pula yang menyesalkan langkah tersebut sebagai tindakan yang menghilangkan 'surga perokok' di Jepang.


Mereka belum mengumumkan kapan ruang merokok di Shinkansen ini berakhir. Namun umumnya perubahan kebijakan 'musim semi' sebagian besar perusahaan terjadi pada akhir Maret atau awal April.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

Comments


bottom of page